Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Tim nasional sepak bola putri Vietnam melangkah ke final Piala AFF U-19 2023 menyusul kemenangan 2-1 kontra Myanmar pada partai semifinal di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Kemenangan itu sekaligus menampakkan bahwa The Golden Girls masih terlalu tangguh bagi Myanmar yang juga sebelumnya mereka kalahkan dengan skor 1-0 pada fase penyisihan grup B.

Ngoc Minh Chuyen bersama rekan-rekannya sukses menjadi juara grup B dan melanjutkan tren positif tanpa kekalahan menuju partai puncak Piala AFF.

Kedua gol yang mengantarkan Vietnam mencapai target final itu masing-masing dicetak oleh Ngoc Minh Chuyen (42') dan Ho Thi Thanh Thao (90+2).

Ngoc Minh Chuyen sementara ini juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak, yakni total lima gol dalam turnamen tersebut.

"Saya bangga dengan prestasi anak - anak yang sejauh ini sukses memenangkan pertandingan," kata Pelatih Kepala Timnas Putri Vietnam Ijiri Akira kepada wartawan seusai pertandingan.

Namun di balik kebanggaan tersebut Ijiri tetap mengingatkan timnya untuk fokus dan serius menatap pertandingan hidup mati di final.

Pada final nanti, Vietnam akan berhadapan dengan pemenang partai semifinal antara Indonesia dan Thailand yang saat ini sedang bertarung.

"Siap mengukir sejarah bagi kemajuan sepak bola putri Vietnam," ujarnya.

Susunan pemain inti Timnas U-19 Putri Vietnam: Dahn Thi Keu My, Le Thi Bao Tram, Ho Tho Thanh Thao, Vu Thi Hoa, Tran Nhat Lan, Luu Hoang Van, Ngoc Minh Chuyen, Ta Thi Thuy, Nguyen Thuy Linh, Luong Thu Phoung, Nguyen Thi Mai Huong.

Baca juga: Thailand tantang Indonesia di semifinal Piala AFF U-19 Putri 2023
Baca juga: Tiga pemain timnas Indonesia dihukum AFC akibat insiden SEA Games

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023