New York (ANTARA News) - Tujuh karya pelukis dan ilustrator Amerika Norman Rockwell termasuk "Saying Grace" dan "The Gossip" akan dijual dalam lelang di New York pada  Desember, kata rumah lelang Sotheby`s, Kamis.

Rockwell yang meninggal tahun 1978 dalam usia 84 tahun, melukis kenangan mengagumkan tentang kehidupan sehari-hari di Amerika, selama 65 tahun berkarya, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Lukisan-lukisan yang diperkirakan akan terjual di atas 24 juta dolar AS pada lelang tanggal 4 Desember mendatang itu dijual oleh keturunan Kenneth J.Stuart Sr, sahabat Rockwell dan direktur seni pada majalah Saturday Evening Post.

Majalah tersebut memuat ratusan karya Rockwell untuk halaman sampul selama sekitar 40 tahun.

"Saying Grace" terpilih sebagai sampul favorit pembaca setelah diterbitkan pada 1951, menggambarkan keluarga penganut Mennonite sedang berdoa sebelum makan di sebuah rumah makan. Lukisan tersebut diperkirakan akan terjual seharga 20 juta dolar.

Sementara itu "The Gossip" karya tahun 1948 yang menggambarkan 15 orang termasuk Rockwell dan istri yang sedang berbicara satu sama lain, ditaksir bakal laku seharga 9 juta dolar.

"Untuk menawarkan satu dari mahakarya ini merupakan suatu kehormatan besar. Menghadirkan dua karya Rockwell yang paling terkenal dalam satu lelang tidak pernah diperkirakan sebelumnya," kata Elizabeth Goldberg, kepala bagian seni Amerika Rumah lelang Sotheby`s.

Lukisan lain yang dijual adalah "Walking to Church" yang ditaksir dengan harga 5 juta dolar, serta potret mantan presiden AS Dwight Eisenhower yang diberi judul "The Day I Paint Ike", "Girl at Mirror", "Norman Rockwell Visits a Country School" dan "Breaking Home Ties".

Karya Rockwell "Breaking Home Ties" pada tahun 2006 laku terjual seharga 15,4 juta di Sotheby`s, yang menjadi rekor penjualan karya sang seniman.


Penerjemah: Maria D. Andriana

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013