Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama pekan depan akan bertemu di Markas PBB dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan dan Presiden Lebanon Michel Suleiman, kata Gedung Putih pada Jumat (20/9).

Obama akan memusatkan perhatian pidatonya di Sidang Majelis Umum mengenai Timur Tengah dan Afrika Utara, dan meletakkan pendekatan serta kebijakan AS, kata Gedung Putih dalam siaran pers mengenai perjalanannya ke PBB.

Obama juga direncanakan mendesak masyarakat internasional agar menentang keras penggunaan senjata kimia, demikian laporan Xinhua, Sabtu pagi. Ia menyeru Dewan Keamanan agar mensahkan resolusi mengenai senjata kimia Suriah, katanya.

Gedung Putih juga menyatakan Obama akan berbicara mengenai proses perdamaian Timur Tengah dan masalah nuklir Iran.

Wakil Penasehat Keamanan Nasional Urusan Komunikasi Strategis Ben Rhodes mengatakan Obama akan berbicara di New York pada Selasa dengan Mahmoud Abbas mengenai pembicaraan perdamaian yang diluncurkan kembali baru-baru ini antara Palestina dan Israel.

Obama juga akan membahas arus pengungsi Suriah ke Lebanon, secara terpisah dengan Michel Suleiman dan Goodluck Jonathan, kata Rhodes dalam penjelasan mengenai rencana perjalanan Obama ke Markas PBB.

Penerjemah: Chaidar Abdullah 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013