dari 569 orang calhaj terdapat seorang calhaj tertua berumur 88 tahun asal Kota Ambon dan termuda 21 tahun asal Kabupaten Maluku Tenggara.
Ambon (ANTARA News) - Hari ini Selasa 24 September 2013 seluruh jamaah calon haji (calhaj) asal Kota Ambon yang berjumlah 241 orang dan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 17 berangkat menuju embarkasi Makasar.

"Rombongan pertama berangkat dengan jasa penerbangan Lion Air pada pukul 06.00 WIT dan rombongan kedua pada pukul 6.30 WIT," kata Kasie Urusan Agama Islam (Urais) dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon Ismael Kaliki, di Ambon, Selasa.

Ia menjelaskan, selain jamaah Kota Ambon ada juga jamaah calhaj asal Kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang masuk Kloter 17 juga diberangkatkan hari ini dengan jadwal penerbangan pesawat Lion Air pada siang hari.

Sedangkan jamaah calhaj asal Maluku lainnya yang termasuk dalam Kloter 18 akan berangkat pada hari Rabu (25/9) juga dalam dua kali penerbangan pesawat Lion Air.

Ismail menjelaskan, setelah calhaj Kota Ambon dan kabupaten lainnya yang tergabung dalam Kloter 17 akan menginap di asrama haji embarkasi Makasar sambil menunggu jadwal penerbangan ke tanah suci.

"Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan Kloter 17 akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 26 September dan Kloter 18 tanggal 27 September 2013," ujarnya.

Ia menambahkan, selama para calhaj asal Kota Ambon maupun Maluku pada umumnya sudah tidak lagi dibebankan dengan pembayaran selama menginap di asrama haji Makasar sebab sudah ditangani Pemerintah daerah Maluku.

"Yang terpenting mereka menjaga kesehatan selama berada di embarkasi Makasar agar keberangkatan menuju tanah suci semuanya sehat, tidak ada gangguan kesehatan," katanya.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Halid Latuconsina, saat menyampaikan laporannya pada acara pelepasan mengatakan, calhaj yang akan berangkat tercatat sebanyak 569 orang ke tanah suci.

Rinciannya, Kota Ambon sebanyak 241 orang, Kabupaten Maluku Tengah (68), Kabupaten Maluku Tenggara (99), Kabupaten Aru (21, Kabupaten Buru (50), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (2), Kabupaten Seram Bagian Barat (48).

Kemudian Kabupaten Seram Bagian Timur (38), dan tenaga petugas haji daerah (TPHD) sebanyak lima orang,

Ia menjelaskan, dari 569 orang calhaj terdapat seorang calhaj tertua berumur 88 tahun asal Kota Ambon dan termuda 21 tahun asal Kabupaten Maluku Tenggara.

Sedangkan jadwal berangkat menuju embarkasi Makasar pada tanggal 24 dan 25 September, berangkat menuju tanah suci tanggal 26 dan 27 September 2013.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013