Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora dalam sepekan masih menjadi perhatian pembaca menarik untuk dibaca kembali, mulai dari erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, pada Rabu (17/4) hingga pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia kloter pertama ke Tanah Suci yang dijadwalkan mulai 12 Mei 2024.
 
Berikut rangkuman berita:
 

Gunung Ruang erupsi muntahkan abu vulkanik setinggi tiga kilometer
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan aktivitas erupsi berupa lontaran abu vulkanik setinggi 3.000 meter keluar dari kawah Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.
 
Berita selengkapnya di sini.

Data BNPB: 10 desa-dua kelurahan terdampak erupsi Gunung Ruang
 
Hasil pendataan sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Sabtu (20/4) pukul 14.00 WIB, ada sebanyak 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro terdampak material vulkanik erupsi Gunung Ruang.
 
Berita selengkapnya di sini.

Kemensos distribusikan bantuan bagi korban erupsi Gunung Ruang
 
Kementerian Sosial telah membagikan beragam bantuan bagi masyarakat korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara.
 
Berita selengkapnya di sini.

BPKH siapkan uang saku jamaah calon haji dengan total Rp665 miliar
 
Badan Pengelola keuangan Haji (BPKH) menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyiapkan uang saku (living cost) untuk jamaah calon haji dengan total sebesar SAR (Saudi Arabian Riyal) 159.990.000 atau sekitar Rp665 miliar.
 
Berita selengkapnya di sini.

Jamaah calon haji diterbangkan ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024
 
Kementerian Agama kembali mengingatkan bahwa jamaah calon haji Indonesia akan diterbangkan ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024, untuk mereka yang masuk gelombang pertama pemberangkatan.
 
Berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024