Atlanta (ANTARA News) - Seorang perempuan asal Atlanta, Amerika Serikat, mengaku menjadi pengisi suara asli dalam aplikasi Siri pada iOS Apple Inc., yang menggunakan teknologi pengenal suara.

"Saya adalah aktor yang mengisi suara untuk Siri," kata perempuan bernama Susan Bennet dalam wawancara dengan stasiun televisi CNN pada Jumat (4/10).

CNN menyatakan bahwa seorang ahli audio forensik "​​telah mempelajari kedua suara dan mengatakan keduanya 100 persen sama."

Namun menurut kantor berita Reuters, Juru Bicara Apple Trudi Muller menolak mengomentari laporan CNN tersebut. Reuters juga belum bisa menghubungi Bennett untuk meminta komentar.

Bennett menyatakan kepada CNN bahwa dia bekerja selama empat jam sehari pada Juli 2005 untuk segmen rekaman dalam bilik rekaman rumahnya. Dia menyatakan dibayar per jam tapi tidak mengungkapkan jumlah bayarannya.

"Seorang rekan mengirim surel kepada saya (tentang Siri) dan berkata, 'Hei, kami bermain-main dengan ponsel baru Apple. Bukankah ini suaramu?'" kata Bennett kepada CNN.

Suara Bennet mungkin juga akrab bagi penumpang pesawat yang telah melewati terminal Delta Airlines.

Para reporter CNN yang membantu mengidentifikasi Bennett sebagai pengisi suara Siri, bertemu dengannya saat melakukan riset untuk cerita tentang suara-suara di Bandara Internasional Atlanta Hartsfield-Jackson, bandara tersibuk di dunia.

Bennett juga mengisi suara acara radio dan televisi First National Bank's "Tillie the All-Time Teller".

"Saya memulai karir saya sebagai pengisi suara mesin beberapa tahun lalu. Saya yakin Anda mendengar suara saya di beberapa tempat setiap hari," kata Bennett.

Penerjemah: Try Reza Essra

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013