Gracias Uncle Sam"
Mexico City (ANTARA News) - Meksiko tak pernah membayangkan posisi saat ini, karena dengan memalukan harus mengucapkan terima kasih kepada seteru beratnya Amerika Serikat yang menghidupkan harapan timnas sepakbolanya tampil pada putaran final Piala Dunia tahun depan.

Kalah dari Costa Rica 1-2 Selasa lalu, Meksiko di ambang bahaya sampai kemudian Paman Sam yang sudah memastikan lolos, membuka jalan kepada Meksiko 11 jam kemudian usai berbalik menggulung Panama 3-2 lewat dua gol di menit-menit terakhir.

Kemenangan AS melambungkan mimpi Panama untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Dunia, di samping mengantarkan Meksiko finis di urutan empat zona CONCACAF yang sekaligus mendapat jatah playoff dua leg melawan juara Oceania, Selandia Baru, bulan depan.

Setelah lebih dari setahun usai Meksiko merayakan medali emas Olimpiade London, media Meksiko mengecam timnasnya yang dijuluki "El Tri" selain menurunkan headline dalam Bahasa Inggris yang mengungkapkan rasa terima kasih kepada musuh bebuyutannya yang biasa mereka sebuah "gringo."

"Gracias Uncle Sam," "Thank you, USA!" dan "God bless America" adalah beberapa judul headline dalam Bahasa Inggris koran-koran Meksiko.

Harian olah raga Record menurunkan foto montase penyerang Manchester United Javier "Chicharito" Hernandez memegang bendera nasional AS, di atas kata-kata "WE LOVE YOU! 'AMIGOUS'" (Kami cinta kalian, kawan).

Halaman olah raga Cancha memberitakan bahwa kampanye Prapiala Dunia Meksiko adalah salah satu kinerja paling memalukan dalam sejarah setelah tim yang retak itu bermain tanpa keberanian.

Namun manajer baru Meksiko Victor Manuel Vucetich tak menyampaikan sepotong pun pesan kepada pelatih timnas AS Jurgen Klinsmann, kendati memuji etika dan profesionalisme sepakbola AS.

Jika tidak lolos ke Piala Dunia Brazil tahun depan, maka akan menjadi emosional dan merusakkan ekonomi Meksiko.

Negeri ini telah tampil 14 kali dalam 19 turnamen Piala Dunia terakhir dan terakhir tidak lolos pada 1990 karena Meksiko dikenai sanksi akibat menurunkan pemain-pemain lebih tua pada turnamen junior.

Perusahaan pemasaran olah raga Dreamatch Solutions memperkirakan lembaga penyiaran, sponsor dan bisnis-bisnis lainnya akan kehilangan peluang untung 600 juta dolar AS jika Meksiko gagal lolos ke Piala Dunia, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013