Jakarta (ANTARA) - Kosta Rika yang kesulitan menundukkan 10 pemain Kanada akhirnya menang 1-0 pada Kamis waktu setempat sehingga menggagalkan peluang Kanada memastikan jatah pertama putaran final Piala Dunia 2022 dari zona Amerika Utara.

Sebelum laga di San Jose ini Kanada tak terkalahkan selama kualifikasi CONCACAF dan berusaha memastikan tempat putaran final Piala Dunia pertamanya sejak 1986.

Dalam waktu kurang dari setengah jam, mereka kehilangan satu pemain yang seketika memutarbalikkan arah pertandingan.

Celso Borges akhirnya mencetak gol dari sundulan pada babak pertama yang menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

Meski kalah, Kanada tetap di puncak klasemen grup dengan 25 poin atau tiga poin di atas Meksiko dan Amerika Serikat yang imbang 0-0 di Stadion Azteca.

Kosta Rika sendiri naik ke urutan keempat dengan 19 poin dan masih berpeluang merebut jatah otomatis lolos.

Tiga teratas zona ini otomatis mendapatkan tempat dalam Piala Dunia Qatar November tahun ini, sedangkan peringkat keempat menghadapi tim Oseania dalam playoff antarbenua untuk mendapatkan satu tempat lainnya.

Kanada menjamu Jamaika pada Minggu waktu setempat di Toronto, sebelum mengakhiri kualifikasi Rabu dengan bertandang ke Panama.

Di Panama, tuan rumah imbang 1-1 melawan Honduras ketika sundulan Kevin Lopez pada menit ke-65 membatalkan gol Rolando Blackburn yang dicetaknya pada babak pertama.

Hasil ini menjatuhkan Panama ke urutan kelima, satu poin di bawah Kosta Rika, tetapi masih berpeluang lolos otomatis ke Qatar karena masih menyisakan dua pertandingan lagi.

Di Kingston, El Salvador harus memupus impian lolos ke putaran final setelah imbang 1-1 melawan Jamaika.

El Salvador memulai laga dengan gemilang dan unggul lebih dulu pada menit ke-21 lewat tandukan Eriq Zavaleta setelah didahului tendangan sudut.

Namun Jamaika, yang sudah pasti tersingkir, membalas melalui gol penyeimbang pada menit ke-72 yang dibuat Andre Gray, demikian laporan Reuters.


Baca juga: Roberto Mancini bingung harus berkata apa
Baca juga: Chiellini bilang Italia 'hancur lebur' karena gagal ke Piala Dunia
Baca juga: Uruguay dan Ekuador lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar
Baca juga: Brazil libas Chile empat gol tanpa balas

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022