Kami ingin dapat feedback dari pengunjung tentang keinginan mereka kalau 'booking online', dan juga mau presentasi diri kami ke masyarakat karena ada banyak perubahan menarik di situs kami,"
Jakarta (ANTARA News) - Salah satu Online Travel Agent (OTA) di Indonesia happyholiday.travel mencanangkan program hemat gencar melakukan kampanye "traveling" sebagai peserta di ajang ITHF (Indonesia Travel Holiday Fair) di Kemayoran Jakarta, 25--27 Oktober 2013.

Dalam keterangan persnya, Sabtu, Arnold Sebastian Egg selaku pendiri happyholiday.travel menjelaskan aktivitas branding dan kampanye "offline" harus terus dilakukan untuk mengetahui keinginan masyarakat dalam beraktivitas booking terutama secara online.

Selain itu juga sebagai bentuk presentasi diri bahwa online travel itu terus melakukan peningkatan perubahan layanan untuk kemudahan pelanggannya.

"Kami ingin dapat feedback dari pengunjung tentang keinginan mereka kalau 'booking online', dan juga mau presentasi diri kami ke masyarakat karena ada banyak perubahan menarik di situs kami," kata pria yang akrab disapa Arno itu.

Arnold Sebastian juga menambahkan saat ini pengguna OTA di Indonesia memang masih sangat kecil baru 12 persen, jika dibandingkan dengan negeri seperti di Inggris  yang sudah mencapai 78 persen pengguna OTA untuk aktivitas 'booking dan travellernya', padahal potensi pengguna OTA di Indonesia sangat besar.

"Kami belum punya target untuk jualan dalam tiap even 'off air'. Kami lebih kepada branding, karena memang online travel masih belum memasyarakat secara luas, tugas kami mengedukasi itu," ujarnya.

Namun Arno meyakinkan meski peminat masih kecil, perkembangan yang terjadi terus berkelanjutan,artinya masyarakat kian sadar bahwa setelah "market place" aktivitas traveling bisa juga dilakukan secara online, tanpa perlu lagi direpotkan dengan pemesanan via agen offline.

"Dengan online, masyarakat bisa langsung menentukan pilihan hotel dan aktifitas liburan yang sesuai dengan budgetnya,karena  bisa mengecek dan melakukan langsung booking via online lewat OTA seperti happyholiday," katanya.

Happyholiday.travel sendiri termasuk satu dari sedikit agen travel di dunia maya yang berani bersaing dalam aktivitasnya, meski baru setahun namun OTA ini sudah menjalin lebih dari 150 ribu hotel dari seluruh dunia.

Sejumlah kampanye terus dilakukan untuk memperkuat pasar OTA di Indonesia, bahkan dengan serius mencanangkan program traveller murah, untuk memberikan motivasi bagi para traveller atau pun bookers yang mau melakukan perjalanan travelingnya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013