Setidaknya harus ada satu TPS di satu kelurahan."
Jakarta (ANTARA News) - Keterbatasan lahan tempat pembuangan sampah (TPS)  membuat Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (Pemprov DKI) Jakarta berinovasi bakal menghadirkan TPS asri layaknya hutan mini.

"Nantinya TPS akan didisain menyerupai hutan mini. Jadi, nanti dari luar terlihat asri, padahal di dalamnya ada hanggar tempat pengelolaan sampah," kata Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Saptastri Edningtyas, di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, ia menyatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan lomba desain TPS asri tersebut bagi mahasiswa.

"Setidaknya harus ada satu TPS di satu kelurahan. Sekarang baru ada 90 TPS. Membebaskan tanah untuk dijadikan TPS sangat sulit, berbeda kalau membebaskan tanah untuk dibuat taman," ujarnya.

Selama ini masalah sampah di Jakarta menjadi polemik, antara lain berkaitan dengan sumber daya manusia pengelola dan luasnya jangkauan wilayah hingga 660 kilometer persegi, sehingga Pemprov DKI Jakarta harus menggandeng pihak swasta.

Saat ini ada sekira 600 perusahaan di Jakarta dilibatkan Pemprov DKI Jakarta guna mengelola sampah yang volumenya terus bertambah, padahal masih bernilai ekonomi, demikian Saptastri Edningtyas. (*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013