Tidak ada nama lain. Teman-teman Exco (eksekutif komite) juga mengajukan satu nama yaitu Riedl."
Jakarta (ANTARA News) - PSSI terus mengodok nama calon pengganti Jacksen F Tiago sebagai pelatih timnas meskipun masa jabatan serta evaluasi terhadap kinerja pelatih asal Brasil itu belum dilakukan.

Informasi yang terus berkembang saat ini, pelatih yang membawa Persipura menjadi juara ISL 2012/2013 dan kontraknya sebagai pelatih timnas belum habis akan digantikan dengan mantan pelatih Timnas Garuda medio 2010-2011 yaitu Alfred Riedl.

"Tidak ada nama lain. Teman-teman Exco (eksekutif komite) juga mengajukan satu nama yaitu Riedl," kata Wakil Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti di Jakarta, Senin.

Menurut dia, ada beberapa alasan sehingga PSSI akan memberikan kesempatan kembali bagi pelatih asal Austria itu melatih Timnas Indonesia diantaranya adalah karena dinilai mampu membawa timnas berkembang.

Bersama Riedl mulai Mei 2010 hingga Juli 2011, timnas memang menunjukkan perkembangan yang cukup siginifikan. Bahkan, di bawah kepalatihannya mampu menembus babak final Piala AFF 2010 setelah sebelumnya timnas kurang berkembang.

"Rencana pergantian ini akan dilakukan setelah kami mendapatkan surat dari Persipura yang meminta kepada Jacksen untuk fokus ke klub karena kontraknya baru berakhir Desember nanti," kata pria yang juga Ketua Badan Tim Nasional (BTN) itu.

Rencana penggantian Jacksen F Tiago sebagai pelatih timnas memang sudah beredar sejak lama. Bahkan PSSI akan melakukan evaluasi terhadap pelatih asal Brasil usai timnas menghadapi Irak pada kualifikasi Piala Asia 2015 di Jakarta, Selasa (19/11).

Jika dilihat dari rencana PSSI bisa dipastikan proses pergantian pelatih timnas senior akan terjadi dalam waktu dekat meski Jacksen F Tiago belum mau berkomentar terkait isu yang berkembang saat ini. PSSI meminta Jacksen fokus menangani timnas saat menghadapi Irak.

Sementara itu Jacksen F Tiago tidak begitu memikirkan informasi yang berkembang saat ini. Pelatih asal Brasil itu mengaku akan fokus dalam menangani Boaz Solossa dan kawan-kawan sesuai dengan program yang telah ada.

"Sampai sekarang saya tidak berfikir besok adalah pertandingan terakhir. Saya fokus dengan tugas. Sampai kapan disini hanya Tuhan yang tahu," katanya saat dikonfirmasi.

Selama ditangani Jacksen F Tiago, Timnas Garuda memang mulai mengalami peningkatan meski belum banyak memenangkan pertandingan. Jika dilihat dari skor, timnas jauh lebih baik diantaranya mampu menahan imbang 1-1 China serta kalah tipis dari tim kuat Asia yaitu Arab Saudi dengan skor 1-2. (*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013