Manado (ANTARA News) - Kontingen Bali ditetapkan menjadi juara turnamen Bunaken North Sulawesi Gateball 2013, setelah mengalahkan tim Jawa Barat dengan skor 13-9, di Manado, Sulawesi Utara, Senin. 

Olahraga permainan tim yang satu ini memang masih baru berkembang di Tanah Air; dilakukan di lapangan rumput dan sepintas mirip perpaduan antara hoki, golf, dan kriket. 

Alat permainannya berupa tongkat kayu mirip palu besar yang dipakai untuk memukul bola menuju satu gawang lawan dengan kriteria dan standar permainan tertentu. Atletnya memakai kostum yang telah ditentukan dalam tim.

Di Indonesia, induk olahraganya telah ada, yaitu PB Persatuan Gateball Seluruh Indonesia yang dipimpin Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, dengan pengurus-pengurus daerahnya di banyak provinsi di Tanah Air.

"Pertandingan final turnamen itu berlangsung di halaman rumput Kantor Gubernur Sulawesi Utara dan telah ditutup Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil, Minggu kemarin," kata ketua panitia turnamen itu, Jhonny Wenur, di Manado, Senin.

Pembukaan turnamen oleh Kirmanto yang juga dihadiri Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang.

"Turnamen ini diikuti 62 peserta plus Kementerian PU," kata Wenur, sambil menambahkan, Tim Buldozer dari Bali menjadi juara III, dan juara harapan Tim Pergatsi Parigi Sulawesi Tengah.

Juara I menerima trofi, medali emas plus dana pembinaan sebesar Rp25 Juta, juara II menerima trofi, medali perak plus dana pembinaan Rp15 Juta, Juara III menerima trofi, medali perunggu plus dana pembinaan Rp10Juta, sedangkan juara harapan menerima trofi dan medali.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013