Manado (ANTARA News) - Pemerintah Manado, Sulawesi Utara dan Liverpool, Inggris Raya, mematangkan rencana kerjasama "sister city".

"Utusan Kota Liverpool Alexander Melbourne menemui Wali Kota Manado Vicky Lumentut untuk membahas kelanjutan rencana tersebut," kata Staf Khusus Wali Kota Manado Bidang Luar Negeri Lucky Longdong di Manado, Senin.

Dalam pertemuan akhir pekan lalu tersebut Alexander Melbourne menyampaikan berbagai rencana Inggris,  demikian juga dengan Vicky Lumentut.

"Baik wali kota maupun utusan dari Liverpool sudah mengidentifikasi apa saja yang akan dijadikan sebagai bahan kerjasama nantinya," kata Lucky.

Lucky mengatakan kerjasama "sister city" ini fokus pada bidang pendidikan dan olahraga, khususnya sepakbola.

"Untuk bidang pendidikan pemerintah berencana melakukan tukar menukar siswa, bantuan program beasiswa, dan bantuan guru bahasa Inggris dari Liverpool," jelasnya.  "Sedangkan untuk kerjasama olahraga, rencananya akan dibangun akademi sepakbola, berupa berupa pembangunan akademi sepakbola yang akan mendapat pelatihan langsung dari pihak Livepool".

Ia berharap kerjasama tersebut bisa memunculkan bibit-bibit unggul yang bisa mengharumkan Manado, Sulawesi Utara, dan Indonesia.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013