Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Tim Nasional U-19 Indra Sjafrie, diganjar menerima "Antara Achievement Award 2013" yang diberikan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara atas keberhasilannya menyabet sejumlah prestasi bersama timnya selama 2013.

"Timnas U-19, mampu memenangi Kejuaraan AFF U-19 di tengah sinisme mengenai prestasi olahraga kita yang dianggap terpuruk," kata Direktur Pemberitaan Antara Akhmad Kusaeni dalam Puncak Peringatan HUT ke-76 LKBN Antara dan Penganugerahan Antara Achievement Award 2013 di Jakarta, Rabu.

Ia juga menyebutkan bahwa Indra merupakan pandu dalam memerangi sinisme dan energi negatif yang terus menjangkit di Indonesia.

"Di bidang olahraga sinisme itu berbentuk anggapan bahwa negara Indonesia dengan penduduk 250 juta jiwa tetapi prestasinya terpuruk," ujarnya.

Akhmad Kusaeni berharap prestasi yang ditorehkan Indra bersama tim Garuda Jaya dapat memberi motivasi tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga berbagai aspek lain dalam kehidupan berbangsa.

Sepanjang 2013, Indra sukses membawa Evan Dimas dkk menjuarai Kejuaraan AFF U-19 dan melangkah ke putaran final Piala Asia U-19 setelah memuncaki Grup G di babak kualifikasi.

Timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 setelah di partai puncak mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti dengan skor akhir 7-6.

Perjalanan Timnas U-19 di Grup G kualifikasi Piala Asia U-19 juga terbilang fenomenal, mengingat untuk dapat merebut puncak klasemen mereka juga mengalahkan juara bertahan sekaligus pengoleksi 12 piala Piala Asia U-19 Korea Selatan dengan skor 3-2.

Selain prestasi yang ditorehkan selama tahun 2013, Indra juga memiliki sejarah panjang bersama Tim Garuda Jaya.

Mantan pesepak bola yang sempat membela tim PSP Padang itu sebelumnya juga mengantarkan Garuda Jaya menjuarai HKFA U-17 dan HKFA U-19 di Hong Kong.

Berbekal pengalaman sebagai instruktur dan pemandu bakat untuk PSSI, Indra berkeliling ke pelosok Nusantara mencari tunas-tunas bintang sepak bola yang terpendam dan tidak terpantau oleh pusat.

Sedikitnya tiga piala yang sudah disebutkan di atas telah didapatkan Indra bersama Garuda Jaya, yang dibentuk dari hasil perjalanan pencarian bakat tersebut.

Selain Indra Sjafrie, "Antara Achievement Award 2013" juga diberikan kepada Timnas U-19 sebagai inspirasi prestasi tingkat dunia dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Gita Wirjawan atas keberhasilannya mengembalikan supremasi Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis.

"Antara Achievement Award" diberikan kepada tokoh-tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang berprestasi di bidang masing-masing dan dianggap dapat memperkokoh kekuatan kebangsaan.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013