Surabaya (ANTARA News) - Kejuaraan beregu bulu tangkis Djarum Superliga 2014 di DBL Arena Surabaya, 3-9 Februari selain sebagai ajang bertemunya pemain kelas dunia juga digunakan sebagai ajang persiapan atlet Indonesia sebelum turun di Piala Thomas dan Uber.

"Kejuaraan ini bisa jadi ajang pemanasan pemain secara individu sebelum turun di Thomas-Uber. Kami optimistis kejuaraan ini punya pengaruh besar pada diri atlet," kata Kabid Pengembangan PP PBSI Basri Yusuf di Surabaya, Minggu.

Sesuai dengan rencana kejuaraan bergengsi empat tahunan khusus untuk beregu baik putra dan putri ini digelar di New Delhi, India pada Mei mendatang.

Menurut dia, pada kejuaraan berhadiah total Rp2 miliar ini, atlet-atlet pelatnas yang membela klubnya akan berhadapan dengan pemain-pemain kelas dunia, baik di sektor putra maupun putri. Untuk putra, pemain ranking satu dunia Lee Chong Wei juga turun di kejuaraan ini.

"Banyaknya pemain asing jelas akan berpengaruh terhadap pemain Indonesia. Kami berharap kejuaraan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua pemain," katanya.

Selain untuk ajang pemanasan Piala Thomas dan Uber, kata dia, kejuaraan yang sebelumnya dilaksanakan setahun sekali ini juga digunakan untuk pemanasan All England yang sesuai jadwal digelar Maret.

Djarum Superliga 2014 selain diikuti oleh pemain ranking satu dunia asal Malaysia Lee Chong Wei juga diikuti oleh pemain-pemain yang telah punya nama besar lainnya seperti atlet asal Rusia, Vladimir Ivanov.

"Djarum Superliga 2014 tidak bersamaan dengan bersamaan dengan kejuaraan internasional yang lain. Jadi, banyak pemain top yang terlibat," kata perwakilan Djarum Foundation selaku sponsor, Budi Darmawan.

Khusus untuk pemain Indonesia, beberapa nama besar akan memperkuat timnya seperti Tommy Sugiarto yang memperkuat PB Jaya Raya Jakarta bersama ganda putra peringkat satu dunia, Hendra Setiawan.

Untuk putri, peraih emas SEA Games 2013 untuk tunggal putri yaitu Belleatrix Manuputty juga akan turun. Begitu juga dengan pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Sebelum menjalani pertandingan perdana di DBL Arena Surabaya, Senin, seluruh pemain dan ofisial dari 20 klub yang turun dijamu oleh panitia. Ajang ini dijadikan oleh semua pemain untuk melakukan silaturahmi karena beberapa pemain sudah bertemu pada kejuaraan sebelumnya.

(B016/I007)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014