Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan menjadikan kampung deret di Petogogan, Jakarta Selatan, sebagai contoh pembangunan kampung deret bagi wilayah lain di Ibu Kota.

"Sejauh ini, saya puas dengan pembangunan kampung deret di Petogogan. Di situ yang paling bagus. Jadi, setelah pembangunannya selesai akan kami jadikan contoh untuk pembangunan kampung deret di wilayah lain," kata Jokowi di sela kunjungannya ke kampung deret Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin.

Menurut dia, selama masa pembangunan warga setempat sangat kooperatif, bersedia menyerahkan tempat tinggal mereka untuk ditata ulang dan direnovasi sehingga pembangunan berjalan lancar.

"Memang ada warga yang tidak bersedia, tapi lama-kelamaan akhirnya mau juga. Dengan begitu, kami punya ruang yang luas dalam melakukan proses penataan dan hasilnya juga bisa lebih bagus," ujar Jokowi.

Dia mengatakan, selanjutnya kampung deret Petogogan akan dilengkapi juga dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH), taman yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain bagi anak-anak.

Sebelum meninjau kampung deret Petogogan, Jokowi menyempatkan diri berkunjung ke kampung deret di Tambora dan Kalianyar, Jakarta Barat.

Dia menjelaskan, pembangunan kampung deret di Tambora sudah mencapai 70 persen dan diperkirakan rampung secara keseluruhan pada pertengahan Februari 2014.

"Kampung deret Tambora sebentar lagi rampung. Kami sudah lakukan pelebaran gang. Kemudian, kami juga bangun drainase dan semua rumah kita buatkan jendela, sehingga ada aliran udara," tutur Jokowi.

Sementara pembangunan kampung deret di Kalianyar, lanjut dia, masih terus dilakukan.

Kampung deret di daerah itu akan dibangun serupa dengan kampung deret di Petogogan maupun Tambora.

Pewarta: Rr.Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014