... akan selalu melihat perkembangan lanjutan... "
Kuta, Bali (ANTARA News) - Sedikitnya 43 jadwal penerbangan domestik dari dan ke Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, terganggu setelah Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, meletus, yang mengakibatkan penutupan sementara beberapa bandara di Pulau Jawa.

"Dari notice to airmen ada penutupan bandara yakni Bandara Juanda, Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta, dan Bandara Adi Soemarmo di Solo," kata Co-General Manajer Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita, Jumat.

Penutupan bandara itu karena jarak pandang sangat terganggu dan sebaran partikel berbahaya abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud itu. 

Menurut dia, jadwal penerbangan dari sejumlah maskapai yang terganggu itu masing-masing tercatat 31 jadwal penerbangan dari Denpasar menuju Surabaya dan sebaliknya.

Selain itu ada 12 penerbangan dari Denpasar menuju Yogyakarta dan sebaliknya.

Berdasarkan notice to airmen, penutupan bandara di Surabaya itu dilakukan hingga pukul 13.00 Wita sedangkan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta dan Bandara Adi Soemarmo di Solo ditutup sementara hingga pukul 23.59 WIB pada Sabtu (15/2).

"Kami akan selalu melihat perkembangan lanjutan," ucapnya.

Sementara itu terkait penangangan kepada ratusan calon penumpang yang telantar, pihaknya telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan.

"Kami telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk penanganan pemakai jasa penerbangan yang sudah datang ke bandara," katanya.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014