Kami terutama berbicara mengenai kemitraan strategis antara AS dan organisasi ASEAN,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menemui Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luo Minh di Kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta, Minggu petang.

John Kerry tiba di Gedung ASEAN pada Minggu, pukul 17.25 WIB, dan setelah memberi kesempatan kepada wartawan untuk mengambil gambar, langsung melakukan pertemuan tertutup dengan Sekjen ASEAN selama 30 menit.

Menurut Sekjen ASEAN Le Luo Minh, kunjungan diplomat tertinggi AS ke Sekretariat ASEAN bertujuan untuk mempertegas pentingnya hubungan yang terjalin antara AS dan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

"Kami terutama berbicara mengenai kemitraan strategis antara AS dan organisasi ASEAN," kata Le yang ditemui usai mengantar Kerry meninggalkan Gedung ASEAN pukul 18.00 WIB, tanpa bersedia menjelaskan lebih rinci.

Sebelumnya, Kerry juga telah mengunjungi Masjid Istiqlal dan memberikan ceramah tentang perubahan ikilm di Pusat Kebudayaan AS "@America" di Jakarta, pada Minggu siang.

Pada Senin pagi (17/2), Kerry akan memimpin Sidang Komisi Bersama (SKB) bersama Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang akan membahas Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia.

Dalam kunjungan Menlu Kerry tersebut, Indonesia dan AS juga akan menandatangani dua nota kesepahaman (MoU) terkait Kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular, serta perjanjian mengenai perlindungan dan pemberantasan penyelundupan satwa liar.

Indonesia merupakan negara ketiga yang dikunjungi Kerry dalam rangkaian perjalanannya ke Asia pada 13-18 Februari. Sebelumnya, Kerry telah mengunjungi China dan Korea Selatan. Abu Dhabi akan menjadi negara terakhir yang akan dikunjungi Kerry sebelum kembali ke Amerika Serikat.

(A060/A011)

Pewarta: Azi Fitriyanti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014