Seharusnya sih bisa menang. Tapi, kami syukuri saja."
Jakarta (ANTARA News) - Pasangan pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Muhammad Rian Ardianto/Zakia Ulfa, gagal melangkah ke final setelah dikalahkan Kim Jung Ho/Kong Hee Yong di semifinal Asia Junior Championship (AJC) 2014 di Taipei Gymnasium, Taiwan, Sabtu.

Rian/Zakia, satu-satunya wakil Indonesia di semifinal dalam turnamen itu, harus menyerah dari pasangan asal Korea Selatan setelah berjuang tiga set 17-21, 21-15, 5-21.

"Meskipun sudah memenuhi target, tetapi kami kecewa dengan hasil ini. Seharusnya sih bisa menang. Tapi, kami syukuri saja. Pada pertandingan tadi, kami sulit keluar dari tekanan terutama di game ketiga, lawan mempercepat tempo permainan," kata Ulfa seperti yang dilansir tim media Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Pasangan ganda campuran baru tersebut sempat memberikan perlawanan yang sengit sejak set pertama. Kedua pasangan saling berkejaran angka dan saling melancarkan serangan. Sayang di akhir set pertama, Rian/Ulfa banyak membuang kesempatan meraih poin.

Rian/Ulfa tidak langsung menyerah. Pasangan itu langsung bangkit, bahkan mampu meraih kemenangan di set kedua.

Namun, permainan Rian/Ulfa terlihat anti-klimaks, merosot di set ketiga. Kondisi tersebut dimanfaatkan secara baik oleh Kim Jung Ho/Kong Hee Yong sehingga mampu meraih kemenangan. Tiket final bagi Rian/Ulfa akhirnya melayang.

"Kami sudah berusaha untuk mengubah permainan, tetapi lawan keburu membaca permainan kami dan kami tidak dapat berbuat banyak. Sebetulnya kuncinya di game pertama, seharusnya kami bisa mengamankan game pertama. Sebagai evaluasi, kami mesti memperkuat defense dan mempertajam serangan," kata Rian.

Dengan kekalahan pasangan ganda campuran Rian/Ulfa, maka Indonesia dipastikan tanpa gelar dikejuaraan khusus atlet usia dibawah 19 tahun itu. Padahal PBSI menargetkan minimal mendapatkan satu medali.

Tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Clinton Hendrik Kudamasa/Muhammad Rian Ardianto sebelumnya harus terhenti dibabak perempatfinal.

Di tim putri, Indonesia tidak mampu bertindak banyak karena hanya sampai babak kedua. Begitu juga dengan nomor beregu dengan format Piala Sudirman, Tim Indonesia terganjal Korea Selata di babak perempatfinal.

Sebanyak 21 atlet bulu tangkis U-19 bertanding di Kejuaraan Asia Junior Championships 2014 di Taipei, Taiwan, yang berlangsung pada 16-23 Februari 2014. (*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014