Surabaya (ANTARA News) - Tuan rumah Persebaya Surabaya merebut poin maksimal setelah menghajar Persiba Bantul dengan skor telak 4-1 pada pertandingan Indonesia Super League 2014 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam.

Tim tamu sempat memberikan kejutan dengan menjebol gawang Persebaya lebih dulu pada menit ke-16 melalui tendangan spekulasi Ngon A Djam dari jarak yang cukup jauh.

Namun, "Bajul Ijo" mampu mengontrol pertandingan dengan membalikkan situasi saat membukukan empat gol balasan, dua di antaranya di babak pertama lewat Greg Nwokolo menit ke-33 dan OK John menit ke-45.

Dua gol berikutnya tercipta pada babak kedua, masing-masing sumbangan Emmanuel "Pacho" Kenmogne di menit ke-59 dan Alfin Tuasalamony lewat eksekusi penalti pada dua menit berselang.

Persebaya seharusnya bisa menang dengan lebih banyak gol lagi, jika penyelesaian akhir pemainnya dari sejumlah peluang mampu dimaksimalkan dengan sempurna.

Tendangan terarah pemain timnas Fandi Eko Utomo masih bisa ditepis penjaga gawang Persiba Bantul Wahyu Tri, begitu juga tendangan keras Alfin Tuasalamony dari jarak dekat masih mengarah persis ke pelukan kiper.

"Kami cukup puas dengan kemenangan ini, meskipun sempat tersentak dengan gol lawan. Anak-anak tampil lebih tenang dan mampu memaksimalkan peluang dengan baik," kata pelatih Persebaya, Rahmad Darmawan, usai pertandingan.

Sedangkan pelatih Persiba Bantul Sajuri Syahid mengakui timnya sudah tampil optimal memberikan perlawanan, tetapi Persebaya bermain lebih baik dan dominan hingga membuat anak-anak asuhnya kesulitan.

Susunan pemain:

- Persebaya: Jendri Pitoy (pg), Hasim Kipuw, Ambrizal/Ricardo Salampessy, OK John, Alfin Tuasalamony, Dedi Kusnandar/Akbar Rasyid, Manahati Lestusen, Fandi Eko Utomo, M Ilhan/Agu Casmir, Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne.

- Persiba Bantul: Wahyu Tri Nugroho (pg), Idris Afandi, Ramdhan Saputra, Slamet Widodo, Satrio Aji, Johan Manaji/Sholehudin, Aulia Ardli/Majid Mony, Rian Wahyu, Arwin, Emile Mbamba, Ngon A Djam/Jejen Zainal.(*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014