Jakarta (ANTARA News) - Gol-gol pada menit-menit terakhir dari Gonzalo Higuain dan Gokhan Inler mengantarkan Napoli menang meyakinkan 3-1 dari tamunya Swansea City untuk membukukan tiket ke 16 Besar Liga Europa dini hari tadi.

Peringkat tiga Serie A ini bermain seri 0-0 pada leg pertama di Wales pekan lalu.

Jonathan De Guzman membuat sama kedudukan 1-1 pada menit 30 setelah Napoli unggul lewat Lorenzo Insigne pada menit 17, kemudian Higuain mengantarkan kembali Napoli unggul pada menit 78 sebelum Inler menciptakan gol ketiga pada masa injury.

Napoli akan menghadapi Porto yang menyisihkan Entracht Frankfurt di babak 16 Besar. "Kami senang dengan kemenangan ini," kata Higuain seperti dikutip AFP.

Namun juara Piala Italia Lazio tersingkir karena kalah agregat 3-4 dari klub Bulgaria Ludogorets Razgrad, sedangkan dua wakil Italia lainnya, Juventus dan Fiorentina yang akan saling berhadapan di 16 Besar, menemani Napoli ke babak ini.

Juve yang sudah memimpin 2-0 pada leg pertama atas Trabzonspor lolos berkat agregat 4-0 usai menang 2-0 dini hari tadi berkat gol Arturo Vidal dan Pablo Daniel Osvaldo.

Fiorentina yang seri 1-1 pada leg kedua dini hari tadi melawan Esbjerg lolos dengan agregat 4-2. Sementara di White Hart Lane, Tottenham Hotspur maju ke 16 Besar setelah mengatasi Dnipro yang bermain dengan sepuluh orang.

Setelah kalah 0-1 pada leg pertama di Ukraina pekan lalu, Spurs sepertinya akan tersingkir dari turnamen ini ketika Roman Zozulya melepaskan sundulan berbuah gol pada dua menit babak kedua usai memanfaatkan umpan kapten Ruslan Rotan.

Namun sepakan Christian Eriksen dari tendangan bebas menipiskan defisit ketertinggalan pada menit 55 sebelum Zozulya dikartumerahkan wasit menyusul pelanggaran terhadap Jan Vertonghen.

Spurs lalu berbalik unggul 3-1 setelah Emmanuel Adebayor menciptakan dua gol dalam kurun empat menit untuk membawa timnya lolos dengan agregat 3-2.  "Saya tahu kami memiliki kualitas di depan," kata Adebayor seperti dikutip AFP.
      
Porto yang akan menghadapi Napoli di 16 Besar lolos dengan selisih gol tandang. Usai seri 2-2 pekan lalu di kandangnya, Porto tertinggal lebih dulu 0-2 dari Eintracht Frankfurt berkat gol Stefan Aigner dan Alexander Meier.

Namun disamakan oleh dua gol dari bek Eliaquim Mangala. Meier lalu membawa Frankfurt unggul 3-2, tapi Nabil Ghilas menyamakannya pada empat menit menjelang bubar sehingga kedudukan menjadi 3-3. Porto pun lolos berkat selisih gol tandang.

Selain akan terjadi pertarungan antar-Italia di 16 Besar antara Juventus melawan Fiorentina, juga terjadi pertarungan antar sesama Spanyol atau tepatnya derby sekota antara Sevilla dan Real Betis.

Sevilla mengalahkan Maribor dari Slovenia 2-1 dini hari tadi untuk lolos dengan agregat 4-3, sedangkan Betis yang berada di papan bawah La Liga menang tandang 2-0 dari Rubin Kazan dari Rusia dengan agregat akhir 3-1.

Juara Piala UEFA 2009 Shakhtar Donetsk disingkirkan Viktoria Pilsen dari Ceko yang akan menghadapi Lyon di 16 Besar.

Ajax tersingkir secara memalukan setelah kalah dengan agregat 1-6 dari Salzburg yang akan menghadapi Basel dari Swiss di 16 Besar.

Hasil Liga Europa dini hari tadi (tim dalam huruf besar lolos ke 16 Besar).
FK Rubin Kazan   0 - 2    REAL BETIS   agregat 1-3
Eintracht Frankfurt    3 - 3    FC PORTO   agregat 5-5 (lolos selisih gol tandang)
FC BASEL    3 - 0    Maccabi Tel-Aviv   agregat 3-0
LUDOGORETS RAZGARD    3 - 3    Lazio    agregat 4-3
NAPOLI
    3 - 1    Swansea City   agregat 3-1
SEVILLA FC    2 - 1    NK Maribor   agregat 4-3
Shakhtar Donetsk    1 - 2    VIKTORIA PILSEN   agregat 2-3
SV SALZBURG    3 - 1    Ajax Amsterdam  agregat 6-1
AZ ALKMAAR    1 - 1    Liberec   agregat 2-1
BENFICA    3 - 0    PAOK Salonika   agregat 4-0
FIORENTINA    1 - 1    Esbjerg    agregat 4-2
LYON   1 - 0    Chornomorets    agregat 1-0
Racing Genk    0 - 2    ANZHI MAKHACHKALA  agregat 0-2
TOTTENHAM HOTSPUR    3 - 1    Dnipro Dnipropetrovsk  agregat 3-2
Trabzonspor    0 - 2    JUVENTUS   agregat 0-4
VALENCIA    0 - 0    Dynamo Kiev   agregat 2-0

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014