Batam (ANTARA News) - Dua pesawat dari Jakarta tujuan Pekanbaru, Riau, Minggu petang mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam karena bandara tujuan masih diselimuti asap yang membahayakan penerbangan.

"Garuda mendarat sekitar pukul 18.08 WIB dengan nomor penerbangan GA-178 sementara Lion 18.10 WIB dengan nomor penerbangan JT-294," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, di Batam, Minggu.

Ia mengatakan, pesawat Lion Air yang mendarat merupakan Boeing 737-900ER sementara Garuda Boing 737-800NG.

"Kalau jumlah penumpangnya kami tidak tahu. Karena manifestnya bukan ke Hang Nadim Batam," kata dia.

Djoko mengatakan, seluruh penumpang diizinkan turun dan menunggu di ruang tunggu Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Saat ini (18.30 WIB) mereka masih di bandara. Mereka akan diterbangkan kembali kalau sudah ada konfirmasi dari bagian keselamatan penerbangan Bandara Sultan Syarif Khasim II Pekanbaru," kata Djoko.

Djoko mengatakan dalam beberapa hari terakhir sejumlah pesawat tujuan Pekanbaru, Riau banyak mendarat di Hang Nadim Batam jika bandara tujuan diselimuti asap tebal.

"Sudah sejak beberapa hari ini hampir setiap hari ada yang mendarat di Batam. Sejumlah penerbangan dari Batam ke Pekanbaru pun ada yang dibatalkan dengan alasan keamanan," kata dia.

Dua pesawat tersebut saat ini masih parkir pada sisi kanan Bandara Internasional Hang Nadim Batam berdekatan dengan terminal VVIP.

Berbeda dengan bandara lain, Bandara Internasional Hang Nadim Batam dikelola langsung oleh BP Batam dan Kementerian Perhubungan. Bukan oleh PT Angkasa Pura.

Pewarta: Larno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014