Pembaruan data 17 Oktober pukul 16.00 WIB total titik panas wilayah Sumatera 3.675
Pekanbaru, (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau, mendeteksi 3.675 titik panas di Pulau Sumatera, dengan terbanyak di Sumatera Selatan (Sumsel) mencapai 2.919 titik panas pada Selasa sore.

"Pembaruan data 17 Oktober pukul 16.00 WIB total titik panas wilayah Sumatera 3.675," kata Prakiraan BMKG Pekanbaru, Sanya G, di Pekanbaru, Selasa.

Selain Sumsel, provinsi dengan titik panas terbanyak lainnya adalah Lampung (3.840), Jambi (163), Riau (87), Bangka Belitung (80), Sumatera Barat (22), Bengkulu dan Kepulauan Riau masing-masing 10 titik panas.

Untuk Riau, lanjutnya, dari 87 titik panas terpantau paling banyak di Kabupaten Inderagiri Hulu (72), Kabupaten Pelalawan (7), Kuantan Singingi (4). Indragiri Hilir (3), dan Rokan Hilir (1). 

Baca juga: BMKG catat 1.031 titik panas masih muncul di Sumatera

Akibat kembali melonjaknya titik panas di Sumatera, kata dia, kondisi di sejumlah wilayah Riau terpantau berasap, seperti di Pekanbaru, Rengat (Inhu), dan Pelalawan dengan jarak pandang hanya lima kilometer.

Jarak pandang tersebut membaik dibandingkan pada Selasa pagi yang hanya dua kilometer. Sementara untuk kualitas udara di Pekanbaru berada pada kategori tidak sehat berdasarkan pemantauan konsentrasi partikulat PM 2.5 pada pukul 16.00 WIB yang menyentuh angka 59,70 mikrogram per meter kubik (µm/m3).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai kabut asap yang masih terjadi akibat kiriman dari wilayah tetangga.

Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan Pekanbaru tidak diuntungkan dengan letaknya yang strategis berada di tengah Provinsi Riau dan Pulau Sumatera.

"Di mana sekelilingnya itu adalah daerah yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan juga hutan. Ini kita harus tetap waspadai kabut asap tersebut," ujarnya. 

Baca juga: BMKG prakirakan hujan ringan hingga sedang di sebagian Riau
Baca juga: Riau izinkan sekolah lakukan kegiatan belajar mengajar via daring
Baca juga: Kabut asap di Pekanbaru terdampak karhutla di Jambi dan Sumsel

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023