Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu, yaitu Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara.

Peringatan yang sama juga diberikan bagi Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara,

Baca juga: BMKG: Mayoritas wilayah RI diprakirakan hujan ringan dan sedang

Sementara itu, mereka juga memberikan peringatan dini akan risiko hujan lebat disertai petir di Aceh, Kalimantan Timur, Lampung, dan Maluku Utara.

Mereka juga menjelaskan, risiko hujan petir diperkirakan melanda Jawa Barat, Kalimantan Barat.

Adapun Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai kilat dan petir.

Baca juga: BMKG: Hujan ringan hingga sedang dominasi cuaca sepekan jelang lebaran

Selain itu, BMKG memberikan perkiraan cuaca di RI pada hari itu, di mana sebagian besar wilayah diperkirakan cerah atau cerah berawan. Namun, kota-kota seperti Surabaya, Palangkaraya, Tarakan, Mataram, diperkirakan hujan.

Sedangkan Pekanbaru diperkirakan berkabut.

​​​Sejumlah kota diperkirakan akan diguyur hujan petir pada siang, yaitu Jambi, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Bandar Lampung. Pada waktu yang sama, Gorontalo diperkirakan hujan lebat, dan Kendari diperkirakan hujan sedang.

Baca juga: BMKG prediksi hujan intensitas ringan hingga sedang saat mudik Lebaran

Pada malam hari cuaca juga diperkirakan cerah atau cerah berawan di sebagian besar wilayah Indonesia, namun ada risiko hujan ringan di Denpasar, Bengkulu, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Ambon, Mataram, dan Medan.

Kupang diperkirakan cerah berawan sepanjang hari, selain itu Padang juga diperkirakan berawan sepanjang hari dan cerah berawan pada siang hari, dan Jayapura diperkirakan berawan sepanjang hari.

Baca juga: Sebagian wilayah Jakarta diguyur hujan sedang-petir pada Jumat siang

Sementara itu di Jakarta, diperkirakan seluruh kota cerah atau cerah berawan pada pagi hari, dan pada siang hari hanya Jakarta Utara diperkirakan cerah berawan dan Kepulauan Seribu berawan.

Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan hujan sedang pada siang hari, sementara itu Jakarta Pusat diperkirakan hujan ringan.

Pada malam hari, seluruh wilayah diperkirakan cerah berawan, dan dini hari semua wilayah berawan, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang berisiko hujan ringan.

Baca juga: BMKG ingatkan masyarakat waspada hujan ringan hingga sedang pada Rabu
Baca juga: BMKG: Banten berpotensi hujan sedang dan suhu udara 33 derajat Celcius

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024