Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan berawan hingga hujan bakal mewarnai keadaan cuaca di mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Sabtu ini.
 
Laman web resmi BMKG di Jakarta, Minggu, mencatat sejumlah wilayah seperti Bengkulu, Serang, Denpasar, Manado, dan Ternate, berpotensi tertutup awan pada hari ini.
 
Selanjutnya, awan yang lebih tebal diprakirakan menutupi Samarinda, dengan suhu udara berkisar 24-92 derajat Celsius dan kelembapan udara antara 60-95 persen.
 
Sementara hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangka Raya, Mataram, Kupang, Makassar, Kendari, Ambon, Manokwari, dan Jayapura.

Baca juga: BMKG prakirakan Jaksel hujan disertai petir pada Minggu siang
 
Kemudian, Yogyakarta dan Pangkal Pinang diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang pada hari ini.
 
Adapun hujan dengan disertai petir diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Tanjung Pinang, Palembang, dan Banjarmasin.
 
Selain itu terdapat pula beberapa daerah yang diprakirakan memiliki cuaca berbeda, seperti Jambi, Surabaya, dan Mamuju yang diprakirakan cerah berawan, serta Tarakan dan Gorontalo yang diprakirakan akan cerah.

Baca juga: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan lebat pada Sabtu
 
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.
 
BMKG berharap pemudik untuk secara aktif melihat informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.
 
Jika memang kondisi cuaca sedang buruk, kata dia, jangan memaksakan diri dan sebaiknya ditunda
 
"Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan. Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS)," katanya.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berawan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024