Denpasar (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan cuaca di Bali sebagian besar berawan saat pencoblosan Pemilu 2024.

"Cuaca secara umum diprediksi berawan terdapat potensi hujan sedang hingga lebat secara tidak merata di sebagian besar wilayah Bali," kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Rabu.

BBMKG Denpasar memperkirakan suhu udara mencapai kisaran 23-34 derajat celcius dengan kelembaban udara hingga 95 persen.

Sedangkan angin bertiup pada rentang 5-30 kilometer per jam dari arah barat daya-barat laut.

Sementara itu, dalam tiga hari ke depan yakni 14-16 Februari 2024, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali diperkirakan mencapai hingga satu meter.

Kemudian di Perairan Selatan Bali diperkirakan ketinggian gelombang lautnya hingga dua meter, Selat Bali dan Selat Lombok diperkirakan mencapai hingga 1,5 meter.

Ada pun Selat Bali adalah jalur penyeberangan dari Bali menuju Jawa dan Selat Lombok adalah penyeberangan Bali menuju Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Masyarakat umum, nelayan dan pelaku wisata bahari perlu mewaspadai potensi ketinggian gelombang laut mencapai dua meter atau lebih di Perairan Selatan Bali," ucap Cahyo Nugroho.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk memantau perkembangan cuaca melalui laman resmi BMKG dan aplikasi InfoBMKG.

Sementara itu, cuaca cerah menyambut warga Denpasar yang memiliki hak pilih untuk menyalurkan hak suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KPU Bali menetapkan 3.269.516 orang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Pulau Dewata.

KPU Bali mencatat ada 12.809 tempat pemungutan suara yang tersebar di sembilan kabupaten/kota, 57 kecamatan, 716 desa/kelurahan.

Baca juga: BBMKG perkirakan hujan di Bali mulai berkurang pertengahan Februari

Baca juga: Rabu, BMKG prakirakan cuaca di sebagian besar Indonesia cerah berawan

Baca juga: BMKG ingatkan sebagian wilayah Jatim hujan saat Pemilu


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024