Denpasar (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca buruk diperkirakan saat periode puncak arus mudik Lebaran pada 5-6 April 2024.

“Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Kamis.

Berdasarkan analisis, BBMKG Denpasar memetakan sejumlah wilayah di Pulau Dewata yang diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Wilayah itu yakni di Kabupaten Badung, Kota Denpasar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Tabanan diperkirakan pada Jumat (5/4).

Sedangkan pada Sabtu (6/4) diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Buleleng, Karangasem, Jembrana, Tabanan, Bangli, Gianyar, Klungkung, Denpasar dan Badung.

Selama dua periode itu, BBMKG Denpasar juga memperkirakan berpotensi terjadi angin kencang di wilayah Bali bagian selatan.

Ada pun dampak yang dapat ditimbulkan di antaranya angin kencang, pohon tumbang, banjir, genangan air, dan tanah longsor.

Sedangkan pada Kamis ini cuaca khususnya di wilayah Denpasar dan Badung juga terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat berdurasi singkat.

Ia mengimbau pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir, untuk mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai dua meter atau lebih di Samudera Hindia selatan Bali.

“Kami akan terus memantau dan membarui informasi berdasarkan perkembangan cuaca dan dinamika atmosfer,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat juga dapat mengakses informasi terkini terkait cuaca melalui layanan informasi cuaca 24 jam melalui laman melalui balai3.denpasar.bmkg.goi.id.

Kemudian kanal media sosial di telegram melalui @warningcuacabali, facebook di BBMKG Wilayah III Denpasar dan di kanal X (twitter) @bbMKG3 serta instagram di @bmkgbali, dan aplikasi INFO BMKG yang dapat diunduh di appstore dan playstore.

Baca juga: BMKG:  Bibit siklon 96S kuatkan potensi cuaca ekstrem pada arus mudik

Baca juga: BMKG ingatkan ancaman gelombang tinggi hingga lima meter di NTT

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat terjang mayoritas wilayah Indonesia


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024