Waspada terutama di Bali bagian utara, barat, tengah dan timur
Denpasar (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar menyebutkan Siklon Tropis Olga mempengaruhi cuaca dengan potensi hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat saat Idul Fitri di Bali pada 9-11 April 2024.

“Waspada terutama di Bali bagian utara, barat, tengah dan timur,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Cahyo Nugroho di Denpasar, Selasa.

Ia juga meminta masyarakat mewaspadai gelombang laut tinggi hingga dua meter atau lebih di perairan selatan Bali.

Sedangkan ketinggian gelombang laut di jalur penyeberangan selama periode itu yakni di Selat Bali dan Selat Lombok diperkirakan hingga dua meter.

Baca juga: BMKG memperingatkan potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia

Sementara itu angin diperkirakan bertiup dari arah timur-selatan dengan kecepatan hingga 40 kilometer per jam atau setara dengan 21,6 knot per jam.

Berdasarkan analisis BBMKG Wilayah III, Siklon Tropis Olga terpantau di Samudera Hindia, selatan barat daya Pulau Sabu, dan Nusa Tenggara Timur dengan kecepatan angin maksimum mencapai 100 knot atau setara 185 kilometer per jam dan tekanan udara maksimum mencapai 945 hectopascal (hPa).

Hal itu menyebabkan menyebabkan cuaca tidak bersahabat di Bali selama beberapa hari mendatang, terutama saat momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selain itu, lanjut dia, juga terdapat daerah konvergensi di sekitar wilayah Bali yang mendukung pertumbuhan awan hujan.

Baca juga: BMKG: Hari terakhir puasa dan Lebaran di Kaltim diprakirakan hujan

Kemudian suhu muka laut di wilayah Bali berkisar 29-31 derajat Celsius dan massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 500 milibar (5.000 meter).

Untuk itu BBMKG Denpasar meminta masyarakat mewaspadai dampak bencana yang dapat ditimbulkan yakni pohon tumbang, kilat, banjir, genangan air, dan tanah longsor.

Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan wisata bahari, serta masyarakat pesisir, pihaknya mengimbau mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai dua meter atau lebih di perairan selatan Bali.

Baca juga: Sebagian Jakarta diperkirakan hujan ringan pada Selasa siang dan malam

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024