Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) hari ini menyiapkan tiga ton garam untuk pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dalam upaya hujan buatan di atas udara Riau.

"Sebelumnya (Rabu 5/3) juga sudah dilakukan penyemaian sebanyak dua ton garam," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif kepada pers di Posko Satuan Tigas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, BNPB bersama BPPT akan terus berkoordinasi untuk penerapan hujan buatan, pemantauan cuaca akan dilakukan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

Untuk hari ini, kata Syamsul, menurut analisis BMKG, cuaca sangat mendukung untuk dilakukannya TMC.

"Pembentukan awan sudah mulai bagus sehingga penyemaian berpeluang menghasilkan hujan. Namun memang tidak seketika," katanya.

Tim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyatakan, lima daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau hari ini hingga beberapa hari ke depan berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan

"Lima daerah tersebut diantaranya Bangkinang Kabupaten Kampar, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu, dan Teluk Kuantan di Kabupaten Kuantan Singingi," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014