Jakarta (ANTARA) - Cucu raja rock n roll Elvis Presley, Riley Keough, menentang lelang Graceland, rumah besar warisan kakeknya di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat.

Menurut siaran New York Post pada Senin (21/5), Riley Keough menyebut penjualan properti yang tertunda itu sebagai "penipuan".

Pemberitahuan dari Pengadilan Shelby County yang dikutip oleh WREG-TV News menyebutkan bahwa Graceland dan properti di sekitarnya di Memphis, Tennessee, akan dilelang kepada penawar tertinggi untuk mendapatkan uang tunai pada 23 Mei.

Keough (34) selaku pemilik properti menentang upaya lelang tersebut, menyebutnya sebagai penipuan. Dia mengajukan gugatan dan Senin pengacaranya mendapatkan perintah penahanan sementara.

Satu sumber memberi tahu The Post bahwa Keough "trauma" karena apa yang telah terjadi dan tidak pernah berpikir bahwa sebuah properti bersejarah bahkan dianggap bisa dipindahtangankan ke orang asing.

Baca juga: Lisa Marie Presley meninggal dunia

Drama perihal Graceland bermula dari akta kepercayaan tahun 2018 yang diduga ditandatangani oleh mendiang ibu Riley Keough, Lisa Marie Presley, yang mendapatkan pinjaman 3,8 juta dolar AS dengan Graceland sebagai jaminan.

Pinjaman tersebut konon diperoleh melalui Naussany Investments dan Private Lending, perusahaan yang berbasis di Missouri.

Perusahaan tersebut mengklaim Lisa Marie, yang meninggal tahun lalu pada usia 54 tahun, gagal membayar pinjaman.

Namun gugatan Keough, yang diajukan pada 15 Mei di Shelby County Chancery Court, menegaskan bahwa Lisa Marie tidak pernah meminjam uang dari Naussany.

Gugatan Keough menyatakan bahwa dokumen-dokumen itu palsu, tanda tangan Lisa Marie telah dipalsukan, dan Naussany Investments bahkan bukan perusahaan sah.

Notaris yang tercantum dalam dokumen tersebut juga membantah telah mengesahkan tanda tangan Lisa Marie atau pernah bertemu dengannya.

Baca juga: Puluhan barang pribadi Elvis Presley dilelang

Elvis membeli Graceland seharga 102.500 dolar AS pada 1957, pada tahun yang sama ia merilis hit seperti "Blue Christmas" dan "All Shook Up".

Lisa Marie mewarisi Graceland setelah kematian Elvis tahun 1977, dan bangunan itu dibuka untuk umum sebagai museum pada 1982. Setelah Lisa Marie meninggal pada Januari 2023, Riley Keough menjadi ahli warisnya.

Graceland bukan sekedar rumah, melainkan kuil bagi salah satu ikon budaya pop besar yang pernah ada. Rumah besar yang dibangun tahun 1939 itu dinamai seperti bibi Ruth Brown Moore, Grace Toof.

Area seluas 13,8 hektare itu setiap tahun menarik ratusan ribu pengunjung, yang datang untuk merayakan warisan Elvis Presley.

Baca juga: Riley Keough kenang foto terakhir dengan sang ibu Lisa Presley
Baca juga: Duka tumpah di Graceland setelah kematian Lisa Marie Presley

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024