Kampanye terbuka untuk meraih dukungan suara dari rakyat bagi PDI Perjuangan masih dipertahankan, tetapi volumenya sangat terbatas tidak seperti Pemilu lalu,"
Solo (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan partainya masih mempertahankan kampanye terbuka untuk menggaet suara pada Pemilu Legislatif , 9 April 2014.

"Kampanye terbuka untuk meraih dukungan suara dari rakyat bagi PDI Perjuangan masih dipertahankan, tetapi volumenya sangat terbatas tidak seperti Pemilu lalu," kata Puan Maharani yang juga calon anggota legislatif DPR RI Dapil V Jawa Tengah untuk wilayah Solo, Kabupaten Klaten, Boyolali dan Sukoharjo, di Solo, Jumat.

Ia mengatakan pada Pemilu lalu kampanye terbuka di setiap dapil dilakukan di mana-mana, tetapi sekarang sekali saja sudah cukup. "Untuk Dapil V nanti kampanye terbuka hanya dilakukan sekali, tapi tempatnya masih belum diputuskan," katanya.

Dikatakan kampanye terbuka bagi PDI Perjuangan itu bukan bermaksud untuk hura-hura dengan mengendarai motor di jalan-jalan raya, tetapi untuk mengumpulkan massa di suatu tempat dan mendengarkan pidato dari juru kampanye mengenai program-program partai untuk dilaksanakan dalam pemerintahan apabila nanti menang Pemilu.

Menyinggung target perolehan suara pada Pileg di Dapil V Jawa Tengah, Puan mengatakan pihaknya akan berusaha mempertahankan perolehan suara yang pernah diraih pada Pemilu.

"Pemilu lalu saya mendapat dukungan suara nomor satu yaitu sebanyak 225.000 suara dan untuk Pemilu mendatang saya berharap bisa bertahan dan syukur bisa bertambah lagi, karena kemenangan ini juga akan memberikan kontribusi suara secara nasional," kata Puan Maharani.

Sementara strategi kampanye untuk meraih dukungan suara dari rakyat, ia mengatakan hal tersebut merupakan rahasia, tetapi yang jelas akan dilakukan kampanye dari desa ke desa di Dapil V Jawa Tengah.

Selain itu, lanjutnya, juga dilakukan kampanye bersama dengan kader-kader partai yang berada di tingkat cabang. "Saya melakukan ini pasti dengan dukungan dari cabang, untuk itu kami juga berharap semua sudah solid untuk melakukan kampanye dalam Pemilu mendatang," katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan untuk di daerahnya tidak akan melakukan kampanye terbuka, karena dinilai sudah tidak efektif lagi. "Kami akan mengadakan kampanye dari kampung ke kampung saja," katanya.

Ia mengatakan di daerahnya yang masuk Dapil V Jawa Tengah dan mendapat giliran sekali kampanye terbuka, nanti bisa dilakukan di daerah lain seperti di Sukoharjo, Klaten atau Boyolali.
(J005/M028)

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014