Hotel dengan penekanan kuliner lokal sebagai pengisi menu memang kami harapkan turut membantu mendorong perekonomian lokal,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau pemilik hotel di daerah ini agar ikut membantu melestarikan usaha kuliner lokal, dengan menyajikannya sebagai menu utama.

"Hotel dengan penekanan kuliner lokal sebagai pengisi menu memang kami harapkan turut membantu mendorong perekonomian lokal," kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono di Yogyakarta, Jumat.

Memang, kata dia, bagi hotel yang telah memiliki kategori bintang lima, pihaknya tidak bisa terlalu menekankan untuk memprioritaskan kuliner lokal, karena telah memiliki standar internasional secara terpusat.

"Hotel bintang lima telah memiliki standar internasional secara terpusat, namun demikian kami tetap akan mengimbau untuk memasukkan kuliner-kuliner lokal sebagai opsi makanan," katanya.

Sebaliknya bagi hotel-hotel non bintang (melati) serta hotel bintang satu, secara keseluruhan telah mengutamakan kuliner lokal atau khas Yogyakarta sebagai menu makanan.

"Hingga saat ini untuk hotel-hotel bintang satu rata-rata sudah mengalokasikan sekitar 80 persen untuk kuliner lokal," katanya.

Sementara itu, menurut Deddy, sesungguhnya upaya untuk mengutamakan kuliner tradisional yang berciri khas Yogyakarta justru dapat menjadi nilai tambah bagi perhotelan di mata pengunjung.

"Harusnya sudah menjadi inisiatif para pemilik hotel sendiri untuk mengutamakan kuliner lokal atau khas Yogyakarta," katanya.

Dengan kuliner lokal, tambah dia, juga akan menjadi faktor penambah daya tarik bagi wisatawan saat mengunjungi destinasi wisata yang ada di Yogyakarta.

"Para pengunjung hotel yang berasal dari luar daerah atau bahkan mancanegara tentunya datang untuk mencari tempat singgah yang bernuansa khas Yogyakarta termasuk menu makanannya," kata Deddy.

(KR-LQH/M008)

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014