Mereka kembali mengharumkan nama bangsa dan Indonesia Raya pun berkumandang di ajang All England
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PP PBSI, Gita Wirjawan, mengaku sangat menghargai keberhasilan pasangan Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad- Liliyana Natsir yang sukses menjuarai All England Super Series Premier 2014 di Inggris, tadi malam.

"Saya terharu, bangga, dan bahagia. Ini persembahan yang lagi-lagi menggetarkan semangat kita semua dari seluruh pelosok negeri. Mereka kembali mengharumkan nama bangsa dan Indonesia Raya pun berkumandang di ajang All England," kata Gita Wirjawan melalui surat elektronik, Senin.

Menurut dia, pasangan Hendra-Ahsan selain sukses menjadi juara juga mampu memutus kebuntuan Indonesia dari sektor ganda putra. Indonesia terakhir kali juara pada 2003 lewat pasangan Candra Wijaya-Sigit Budiarto.

Pasangan peringkat satu dunia merebut juara setelah mengalahkan pasangan asal Jepang yang juga unggulan kedua kejuaraan bulutangkis tertua di dunia yaitu Hiroyuki Endo-Kenichi Hayakawa dengan skor 21-19 dan 21-19.

Sedangkan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir mampu mencetak juara tiga kali secara beruntun (hattrick) kejuaraan dengan total hadiah 400 ribu dollar AS. Sebelumnya pasangan unggulan kedua ini menjuarai All England edisi 2012 dan 2013.

Pada final di National Indoor Arena, Birmingham Inggris, pasangan rangking dua dunia itu mampu mengalahkan unggulan pertama asal China, Zhang Nan- Zhao Yunlei dengan skor 21-13 dan 21-17.

"Kemenangan ini sekaligus merupakan rentetan dari perjalanan bulu tangkis Indonesia yang akan terus semakin jaya dan berprestasi. Itu tekad dan harapan saya bersama segenap pengurus PB PBSI. Sebagaimana saya sampaikan dalam berbagai kesempatan, tidak ada alasan kita tidak bisa mengembalikan kejayaan bulu tangkis nasional," kata Gita menambahkan.

Mantan Menteri Perdagangan itu menegaskan raihan juara yang dipersembahkan oleh pemain terbaik Tanah Air yaitu pasangan ganda putra Hendra Setiawan- Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir merupakan hasil kerja keras dan dukungan masyarakat Indonesia.

"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang terus memberi dukungan penuh bagi para atlet dan pengurus PBSI agar dapat meraih prestasi gemilang. Semoga usaha kita ini diridhoi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata peserta calon presiden dari Partai Demokrat itu.

Setelah menjuarai dua nomor di All England, kontingen Indonesia langsung bersiap diri untuk turun dikejuaraan yang lain mulai dari Piala Thomas dan Uber di India, Kejuaraan Dunia hingga Asian Games 2014 di Incheon Korea. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014