Menurut Pak Prabowo, sebagai Ketua KPK, beliau telah terbukti mempunyai kualitas dan kapabilitas dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga bakal calon presiden, Prabowo Subianto menginginkan Ketua KPK Abraham Samad sebagai bakal calon wakil presiden untuknya.

"Pak Prabowo mempertimbangkan dengan baik usulan-usulan dari banyak pihak, termasuk nama Abraham Samad. Prabowo berkeinginan agar Abraham Samad menjadi bakal calon wakil presiden," kata Koordinator Prabowo Media Center Budi Purnomo Karjodihardjo, di Jakarta, Senin.

Prabowo, kata Budi, menilai usul masyarakat untuk menyandingkannya dengan Abraham Samad adalah usulan yang baik.

"Menurut Pak Prabowo, sebagai Ketua KPK, beliau telah terbukti mempunyai kualitas dan kapabilitas dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Tokoh muda seperti inilah yang dibutuhkan negeri ini untuk mewujudkan kebangkitan Indonesia," kata Budi.

Budi menambahkan, dalam berbagai kesempatan, Prabowo menyampaikan dukungannya untuk memperkuat KPK, bahkan berkampanye mengajak rakyat untuk melawan upaya-upaya pelemahan KPK melalui RUU Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP)-KUHP yang tengah dibahas DPR RI.

"KPK tidak boleh dilemahkan. Kita harus dukung dan perkuat. Korupsi sudah menghancurkan sendi-sendi kehidupan bangsa, KPK jangan dilemahkan," kata dia mengutip Prabowo.

Prabowo juga mengajak semua elemen masyarakat  memperkuat KPK dengan menggalang para praktisi hukum senior untuk turut berjuang memperkuat institusi KPK.

"Ini diperlukan karena adanya manuver politik pihak tertentu yang berupaya melemahkan KPK," kata Budi.

Pembelaan ini, menurutnya, dilakukan atas dasar kinerja KPK yang semakin membaik. Dengan kondisi saat ini, KPK justru harus terus diperkuat.

"KPK sudah terbukti berhasil meringkus para koruptor yang melecehkan lembaga peradilan di Indonesia," ujarnya.

Prabowo telah berjanji, bila terpilih nanti sebagai Presiden RI dalam Pilpres 2014, akan mendukung penuh KPK dalam menjalankan tugasnya, berupa peningkatan anggota dan anggaran operasionalnya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014