Kejuaraan tahun ini akan lebih ketat dibanding musim lalu
Doha, Qatar (ANTARA News) - Pebalap Yamaha Jorge Lorenzo menjagokan pesaing utamanya dari tim Honda, Marc Marquez, untuk meraih gelar MotoGP 2014.

Tahun lalu Marc Marquez merebut juara dunia MototGP dengan keunggulan empat poin dari Lorenzo.

"Kejuaraan tahun ini akan lebih ketat dibanding musim lalu, " kata Lorenzo seperti dilansir laman Autosport, Rabu (19/3).

"Marquez sebagai favorit (juara) pertama. Setelah itu ada Dani (Pedrosa) atau saya yang berada dalam posisi bagus tetapi ada juga Valentino (Rossi) yang akan lebih 'lapar' daripada tahun 2013," kata Lorenzo.

Meskipun Marquez masih belum pulih dari cedera patah kaki, Lorenzo tidak berpikir hal itu akan mempengaruhi penampilan juara bertahan di sirkuit.

"Dia sangat kuat dan cepat. Mungkin dia tidak akan memulai dengan sempurna tapi saya cukup yakin dia mendekati 100 persen," katanya.

Lorenzo sempat frustrasi untuk beradaptasi dengan aturan pembatasan bahan bakar yakni hanya 20kg di tiap balapan. Ia juga harus beradaptasi dengan penggunaan ban terbaru dari Bridgestone yang dianggap kurang kompatibel. Namun ia meyakinkan kedua masalah tersebut sudah teratasi.

"Saya memulai dengan posisi yang sangat baik, penuh dengan energi positif dan optimisme," kata Lorenzo.

"Tunggangan dengan perubahan baru sudah bekerja dengan sangat baik dan kami memecahkan masalah kecil di mesin, memperbaiki sistem elektrik untuk mengurangi perilaku agresif pada saat start," katanya.

"Kabar baiknya sekarang responsnya sudah lebih halus daripada pra-musim di Malaysia dan kami mengandalkan gearbox secara lengkap," katanya.

"Saat kami mampu meningkatkan kinerja kami di Phillip Island dengan ban baru saya merasa cukup percaya diri untuk balapan pertama nanti," pungkas Lorenzo.

Balapan perdana MotoGP musim 2014 akan berlangsung di sirkuit Losail, Qatar akhir pekan ini.

Penerjemah:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014