AsiaNet 56258

Tokyo, 24 Maret 2014 (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

NEC Corporation (NEC; TSE: 6701) (http://www.nec.com/) pada tanggal 24 Maret mengumumkan pengakuisisian unit bisnis A123 Energy Solution (http://www.a123energy.com/) dari A123 Systems, LLC. Pengakuisisian senilai sekitar 100 juta US dolar ini akan memperkuat kapabilitas penyimpanan energi bisnis energi pintar NEC. Ketentuan kesepakatan telah rampung dan perusahaan baru yang dinamai "NEC Energy Solution" akan segera beroperasi pada bulan Juni 2014 di bawah pengarahan NEC. Fasilitas manufaktur dan penjualan, riset dan pengembangan, dan otomotif akan tetap menjadi spesialisasi A123 Systems, LLC.

Dengan pengakuisisian ini, NEC akan menjadi pemasok sistem penyimpanan energi lithium-ion berskala besar terkemuka di dunia. A123 Energy Solutions telah menyuplai lebih dari 110MW energi listrik dari fasilitas Grid Storage Solutions (GSS (TM)) yang tersebar di seluruh dunia dengan mayoritas dari sistem-sistem tersebut telah termasuk ke dalam layanan pendapatan (revenue service). NEC Energy Solutions, didukung oleh akses terhadap infrastruktur TIK berkelas dunia dari NEC Corporation dan kapabilitas integrasi sistem A123 Energy Solutions, telah siap untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan energi global yang semakin meningkat.

"Dengan kombinasi dua kekuatan ini, NEC Energy Solutions akan dapat membantu memenuhi tingginya permintaan akan solusi penyimpanan energi global, baik didorong oleh pesatnya penetrasi energi terbarukan, oleh layanan stabilisasi jaringan listrik yang semakin efektif, maupun oleh kebutuhan untuk memperkuat transmisi dan distribusi listrik yang sudah ada," ujar Takemitsu Kunio, Wakil Presiden Senior NEC Corporation. "Dengan meningkatkan kehandalan, kesinambungan, dan keamanan energi, kami akan menyediakan solusi penyimpanan energi yang komprehensif, dari infrastruktur untuk kebutuhan sektor utilitas berskala megawatt hingga penyimpanan bersistem energi terbarukan berskala kilowatt untuk satu bangunan (behind-the-meter)."

A123 Systems, melalui unit A123 Energy Solutions-nya, merupakan pemimpin di dalam solusi sistem penyimpanan energi listrik lithium-ion. A123 Energy Solutions telah menjadi pemasok utama untuk sejumlah perusahaan utilitas dan produsen energi independen terkemuka dunia, termasuk berbagai proyek energi di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Inggris, Asia, termasuk proyek instalasi 2MW dan 500kW terbaru di China.

"Kami sangat senang atas bergabungnya dua kekuatan dari dua perusahaan ini," ungkap Bud Collins, Presiden A123 Energy Solutions. "Dengan menggabungkan pengalaman kami dalam menyediakan solusi penyimpanan energi listrik kepada perusahaan-perusahaan utilitas dan produsen energi terkemuka dunia dengan kapabilitas NEC di sektor TIK dan dengan kemampuan manufaktur lithium-ion-nya, kami yakin perusahaan baru ini akan menjadi perusahaan yang hebat dan kompeten untuk menghadapi berbagai tantangan di sektor energi pintar dari seluruh dunia."

Sumber: NEC Corporation

Contact:
Seiichiro Toda (s-toda@cj.jp.nec.com)
Joseph Jasper (j-jasper@ax.jp.nec.com)
NEC Corporation
+81-3-3798-6511

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014