... mereka juga bisa berperan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat... "
Bandung (ANTARA News) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) bisa berperan besar dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan kepada masyarakat di pedesaan, kata Wakil Ketua Kadin Jawa Barat Bidang Kewirausahaan dan UMKM, Iwan Gunawan, di Bandung, Jumat.

"Kami beberapa kali melakukan diskusi dan pelatihan bagi Babinsa, salah satunya mendorong mereka menjadi agen untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat binaanya," kata Gunawan.

Menurut dia, Babinsa memiliki jaringan yang cukup luas dan dekat dengan masyarakat pedesaan. Dengan kemampuan komunikasi dan bekal pengetahuan kewirausahaan diharapkan para prajurit itu ikut mendorong misi pemerintah dalam meningkatkan jumlah pelaku usaha.

"Misi utama sebagai prajurit dalam menjaga ketahanan dan pertahanan negara, namun mereka juga bisa berperan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat," katanya.

Menurut dia, ketahanan ekonomi yang didorong aktivitas ekonomi masyarakat turut menentukan ketahanan negara. Untuk itu perlu energi kolektif meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk peran Babinsa.

"Antusiasme para Babinsa untuk mendapatkan pelatihan kewirausahaan itu cukup bagus, tujuannya agar mereka ikut berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya di bidang ekonomi," kata Iwan.

Peran Babinsa khususnya di daerah terpencil sangat membantu masyarakat, materi kewirausahaan bisa mereka sampaikan di sela-sela tugasnya membina masyarakat.

Selain membantu peningkatan sektor ekonomi, peran mereka juga bisa mendorong di sektor pendidikan, kesehatan dan program kesejahteraan masyarakat lainnya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014