... akan memperoleh hadiah uang senilai Rp150 juta, kedua Rp75 juta, dan ketiga Rp50 juta... "
Yogyakarta (ANTARA News) - MNCTV kembali menggelar Kontes Dangdut Indonesia setelah sekitar empat tahun absen menyelenggarakan ajang pencarian penyanyi dangdut berbakat itu.

"MNCTV pada 2014 kembali menggelar ajang pencarian penyanyi dangdut muda dan berbakat Kontes Dangdut Indonesia (KDI) sebagai wujud komitmen terhadap musik dangdut," kata Managing Director MNCTV, Nana Putra, di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kesuksesan penayangan KDI 2004-2010 dan antusiasme masyarakat terhadap program pencarian penyanyi dangdut muda berbakat yang masih tinggi mendorong MNCTV untuk menggelar KDI 2014.

"Kami minta bakat-bakat muda dari segala penjuru Nusantara menyiapkan diri untuk menyambut ajang bergengsi itu. Pencarian potensi muda tersebut diadakan di Kota Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Jakarta, Medan, dan Bandung mulai akhir Maret 2014," katanya.

Produser Pelaksana KDI Parlin Siregar mengatakan MNCTV menggelar KDI 2014 untuk menjaring bakat-bakat baru untuk kelangsungan industri musik dangdut.

"Kami menggelar KDI 2014 untuk meneruskan regenerasi musik dangdut. Kami berharap dapat lebih banyak menjaring bakat-bakat baru yang nanti mampu memberikan sentuhan baru bagi dunia musik dangdut," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan KDI 2014 diawali tahap audisi yang diadakan di enam kota, yakni Yogyakarta pada 29-30 Maret 2014, Makassar (29-30/3), Surabaya (29-30/3), Jakarta (12-13/4), Medan (12-13/4), dan Bandung (12-13/4).

"Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta audisi KDI 2014 adalah laki-laki atau perempuan berusia 15-25 tahun, belum pernah menikah, dan dapat menyanyi dangdut. Untuk mengikuti audisi tersebut peserta tidak dipungut biaya," katanya.

Ia mengatakan tahap awal yang harus dihadapi para peserta adalah pra-audisi untuk menyaring ribuan peserta menjadi 150 peserta. Para peserta yang lolos pra-audisi selanjutnya mengikuti tahap audisi yang akan memilih 75 peserta untuk maju ke tahap audisi final.

"Enam peserta terbaik dari masing-masing kota pilihan juri pada tahap audisi final selanjutnya akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti tahapan berikutnya yakni Gerbang Nusantara," katanya.

Kepala Divisi Produksi MNCTV, Yoyon Ukhrawinata, mengatakan, Gerbang Nusantara merupakan tahapan seleksi lanjutan untuk memperoleh kontestan terbaik yang akan berlaga pada Kontes KDI.

"Dalam setiap episode, enam wakil dari berbagai kota audisi itu akan diadu kemampuannya untuk memperebutkan dua tiket ke Kontes KDI hingga terpilih 14 kontestan. Ke-14 kontestan itu akan mengikuti babak kontes," katanya.

Menurut dia, acara itu dipandu Nassar dan Valent Jebret. Penampilan para konstestan yang diiringi Purwacaraka akan dinilai para juri di antaranya Elvy Sukaesih, Jaja Miharja, Ikke Nurjanah, Bertha, dan Purwacaraka.

"Peserta terbaik pertama akan memperoleh hadiah uang senilai Rp150 juta, kedua Rp75 juta, dan ketiga Rp50 juta," katanya.

Pewarta: Bambang Hadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014