Negara lain seperti Malaysia, Thailand selalu bangga dengan identitasnya. Makanya kita harus punya identitas yang mencerminkan kesan Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama dengan KONI, KOI dan Satlak Prima menggelar sayembara rancangan seragam untuk kontingen Indonesia saat turun di kejuaraan internasional.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo di Jakarta, Senin mengatakan, ide awal dilakukaannya sayembara ini adalah untuk memberikan indentitas bagi kontingen Indonesia sama dengan negara-negara lain.

"Negara lain seperti Malaysia, Thailand selalu bangga dengan identitasnya. Makanya kita harus punya identitas yang mencerminkan kesan Indonesia," katanya.

Menurut dia, sayembara ini terbuka untuk umum asal merupakan warga negara Indonesia. Meski demikian desain seragam kontingen harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Karya rancangan seragam kontingen olahraga Indonesia harus menganggambarkan semangat Merah Putih, semangat kepahlawan Indonesia, semangat persatuan dan kesatuan dan semangat pantang menyerah.

"Makanya kita sayembarakan. Semua boleh ikut. Yang jelas hasil rancangan nantinya akan dibuatkan peraturan menteri. Seragam ini nantikan tidak berubah-ubah," katanya menambahkan.

Seragam kontingen yang disayembarakan adalah jas lengkap kontingen, training spak, t-shirt, poli shirt, tas olahraga, handuk hingga topi. Adapun karya dikirim ke email sayembara2014@gmail.com mulai 2 April hingga 2 Mei.

"Sayembara ini bisa dilihat di www.kemenpora.go.Id, www.koni.or.Id, www.nocindonesia.or.Id dan www.satlakprima.com," kata Roy menambahkan.

Adapun juri yang terlibat pada penilaian sayembara itu sebanyak tujuh orang meliputi perwakilan Kemenpora, KONI dan KOI. Selain itu juga melibatkan desainer Oscar Lawalata, atlet berkuda Larasati Gading dan atlet tenis Chritopher Rungkat.

Bagi pemenangan sayembara seragam kontingen yang akan diumumkan 6 Mei, mendapatkan hadiah Rp40 juta untuk pemenang pertama, Rp25 juta untuk pemenang kedua dan Rp15 juta untuk pemenang ketiga.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014