Bucharest (ANTARA News) - Amerika Serikat telah meminta peningkatan jumlah pasukan dan pesawatnya yang ditempatkan di sebuah pangkalan udara milik sekutu NATO di Romania, kata Presiden Traian Basescu, Selasa, seiring meningkatnya ketegangan Barat dan Rusia terkait negara tetangganya, Ukraina.

Pasukan AS telah menggunakan pangkalan udara Mihail Kogalniceanu di Laut Hitam di Romania bagian timur sejak tahun 1999. Itu merupakan pusat utama bagi pasukan AS untuk menuju Afghanistan dan terletak tidak jauh dari Semenanjung Krimea, Ukraina, yang dikuasai Rusia bulan lalu.

"Kedutaan besar AS di Bukares telah meminta dukungan dari Pemerintah Romania untuk memperluas operasi saat ini di pangkalan Mihail Kogalniceanu," kata Basescu dalam sebuah surat pemberitahuan kepada pimpinan parlemen Romania.

Dalam permintaannya AS akan menambahkan hingga sekitar 600 prajurit pada 1.000 tentara AS yang saat ini telah ditempatkan di Romania dan akan juga meningkatkan jumlah pesawat militer di sana, kata surat itu.

Menteri Luar Negeri dari aliansi 28 negara, NATO, bertemu di Brussels pada Selasa untuk membahas cara-cara untuk meningkatkan keamanan negara-negara anggotanya yang merupakan bekas komunis di Eropa Timur setelah pendudukan Rusia dan penguasaan Krimea, demikian Reuters.
(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014