Uji coba hari ini untuk memainkan simulasi taktik dan kerja sama tim dalam menghadapi calon lawan di laga lanjutan ISL nanti, yakni Persipura Jayapura
Sidoarjo (ANTARA News) - Kesebelasan Persebaya Surabaya unggul empat gol tanpa balas pada pertandingan uji coba melawan Tim Marinir Wilayah Timur di Lapangan Brigif 1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.

Penyerang asal Kamerun Emmanuel Pacho Kenmogne menyumbangkan dua gol, ditambah masing-masing satu gol dari gelandang serang Julio Cesar Larrea Flores menjelang akhir babak pertama dan Wahyu Subo Seto menutup gol di babak kedua.

Pada laga uji coba untuk mengisi waktu libur kompetisi saat Pemilu 2014 itu, Persebaya tidak turun dengan kekuatan penuh karena sebagian pemainnya masih memperkuat tim nasional.

Pemain naturalisasi Greg Nwokolo yang baru pulang dari Spanyol usai mengikuti program latihan timnas senior, tampak hadir di pinggir lapangan tetapi tidak dimainkan pelatih Rahmad Darmawan, karena belum sembuh dari cedera otot paha.

Rahmad Darmawan melakukan beberapa pergantian pemain pada babak kedua, dengan menarik keluar tiga pemain utama yakni M Ilham, Ferry Rotinsulu (kiper) dan Emmanuel Pacho Kenmogne. Sebagai gantinya, masuk pemain pelapis yakni OK John, Wahyu Subo Seto dan kiper muda Thomas Rian Bayu.

Keluarnya Pacho membuat lini depan "Bajul Ijo" kurang greget dan kesulitan menekan pertahanan Tim Marinir Wilayah Timur (Marwiltim). Apalagi, Wahyu Subo Seto yang diplot sebagai striker juga mendapat pengawalan ketat dari pemain lawan, meskipun akhirnya bisa mencetak gol dari tendangan jarak jauh.

"Uji coba hari ini untuk memainkan simulasi taktik dan kerja sama tim dalam menghadapi calon lawan di laga lanjutan ISL nanti, yakni Persipura Jayapura. Memang belum terlalu maksimal, tetapi sudah terlihat hasilnya," kata Rahmad Darmawan.

Menurut mantan pelatih Timnas SEA Games 2013 itu, anak-anak asuhnya tidak boleh bermain terlalu frontal jika menghadapi lawan tangguh seperti Persipura, tetapi harus mampu tampil disiplin dan memanfaatkan kesempatan untuk menyerang.

Skema taktik itu coba diterapkan saat laga uji coba dengan Marwiltim. Pemain Persebaya terlihat sering membiarkan lawan untuk menerobos daerahnya lebih dulu, baru kemudian merebut bola dan melakukan serangan balik dengan cepat.

"Anak-anak memang saya instruksikan untuk menunggu lawan masuk dulu, kemudian kita ganggu mereka di lini tengah. Simulasi seperti ini akan kita coba lagi pada pertandingan uji coba selanjutnya," tambah Rahmad Darmawan.

Menurut jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia, Persebaya Surabaya akan melawat ke kandang juara bertahan Persipura Jayapura pada 15 April mendatang, kemudian bertemu Perseru Serui, Papua, pada 20 April.

Di papan klasemen sementara Grup 2, Greg Nwokolo dan kawan-kawan menempati peringkat ketiga dengan nilai 11, di bawah Mitra Kukar (13) dan Persiram Raja Ampat, Papua, (12). Sementara Persipura di posisi kelima dengan nilai 9. 

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014