... dilengkapi enam tabung torpedo 533 mm, torpedo dan 3M-54 Klub peluncur rudal kapal selam anti-kapal... "
Hanoi (ANTARA News) - Vietnam, Kamis, menerima dua kapal selam kelas Kilo buatan Rusia, yang dikatakan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung, menandai perkembangan baru dari Angkatan Laut dan tentara Vietnam.

Dung membuat pernyataan itu pada upacara pengibaran bendera nasional untuk dua kapal selam kelas Kilo buatan Rusia,  di Pangkalan Cam Ranh Tengah, Kamis.

Upacara menarik partisipasi berbagai pejabat senior Vietnam, duta besar Rusia untuk Vietnam serta perhatian dari masyarakat setempat, kata kantor berita yang dikelola negara VNA.

Dung secara langsung memberikan bendera nasional kepada kedua komandan kapal selam HQ-182 Hanoi dan HQ-183 itu, di Kota Ho Chi Minh. Dalam waktu mendatang empat kapal selam modern akan dimasukkan ke dalam jajaran Angkatan Laut Vietnam, yaitu Hai Phong, Da Nang, Khanh Hoa, dan Ba Ria Vung Tau.

Kapal selam itu berbobot lebih dari 3.000 ton, dan mampu beroperasi pada kedalaman maksimum 300 meter dan pada kecepatan 20 mil laut per jam dengan lebih dari 50 anggota awak.

Mereka dilengkapi enam tabung torpedo 533 mm, torpedo dan 3M-54 Klub peluncur rudal kapal selam anti-kapal di dalamnya, menurut VNA.

Kapal selam tersebut dikirim ke Vietnam menyusul kontrak yang ditandatangani pada 2009 selama kunjungan perdana menteri Vietnam ke Rusia untuk pembelian enam kapal selam diesel kelas Kilo 636.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014