... panglima memberi jaminan sepenuhnya semuanya akan berjalan secara baik dalam Pemilu yang akan dilaksanakan pada 9 April mendatang... "
Jakarta (ANTARA News) - "Saya sebagai panglima memberi jaminan sepenuhnya semuanya akan berjalan secara baik dalam Pemilu yang akan dilaksanakan pada 9 April mendatang," kata Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.

Dia menegaskan, semua perkembangan politik yang terjadi di Indonesia telah dipetakan Markas Besar TNI secara baik dan kesimpulannya kondisi keamanan dalam negeri dalam keadaan kondusif.

Dia menguraikan beberapa hal menonjol tentang ini, di antaranya perkembangan keamanan di garis-garis perbatasan negara, Aceh, Papua, dan temuan serta penyitaan senjata ilegal yang berpotensi mengganggu keamanan nasional.  

Moeldoko menyatakan itu kepada pers bersama para petinggi TNI dan matra-matra TNI, di antaranya Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, Panglima Komando Udara I TNI AU, Marsekal Muda TNI Mohammad Syaugi, Komandan Pasukan Khusus TNI AD, Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, dan puluhan yang lain.

Semua panglima komando utama TNI hadir di dalam pembicaraan Moeldoko dengan pers yang dibungkus dalam format minum kopi bersama pagi hari.

Atas pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 yang tinggal beberapa hari lagi, Moeldoko mengimbau, "Masyarakat datanglah berbondong-bondong ke bilik pemilihan, personel TNI tidak boleh dekat-dekat bilik-bilik itu; namun yakinlah TNI memiliki kesadaran sangat tinggi untuk menjamin dan memelihara situasi itu."

Hingga saat ini, TNI memiliki sekitar 450.000 personel aktif yang bertugas di tiga matranya, dalam berbagai kesatuan dan unit kerja. Untuk menjaga dan menjamin netralitas personel dan institusi TNI ini, Moeldoko telah mengeluarkan surat perintah tentang netralitas itu.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014