Jakarta (ANTARA News) - Arsenal terpaku di peringkat empat dan kian ketat ditempel peringkat lima Everton setelah malam ini terjungkal di Goodison Park, kandang Everton, dengan skor 3-0.  Sebaliknya Everton memperkuat asanya tampil di Liga Champions musim depan.

Mengutip BBC.com, Arsenal yang mendominasi 57 persen penguasaan bola dan 15 kali upaya gol, tidak berhasil memanfaatkan keunggulan itu dan kalah efektif dalam memanfaatkan peluang gol dibandingkan tuan rumah Everton yang delapan dari 14 upaya golnya termasuk on target.

Pada menit 14 Everton sudah meneror Arsenal lewat gol Steven Naismith yang tercipta dari gebrakan Leighton Baines yang mendapati Romelu Lukaku berada dalam posisi baik untuk melepaskan tendangan namun masih bisa dihadang kiper Arsenal Wojciech Szczesny.

Tapi bola hasil tepisan Szczesny ini jatuh ke kaki Naismith yang dengan tenang menceploskan bola ke sudut gawang Arsenal. Penghuni Goodison Park pun seketika terlonjak.

20 menit kemudian pada menit 34 giliran Lukaku yang menciptakan gol usai menerima umpan Kevin Mirallas.

Pada babak kedua, Arsenal tetap menekan dengan formasi pemain yang tak berubah, namun pada menit 62 malah memperbesar ketinggalannya menjadi 0-3 setelah Mikel Arteta menciptakan gol bunuh diri.

Mirallas melewati Bacary Sagna untuk melepaskan umpan kepada Naismith yang sempat berhenti untuk melewati Szczesny. Bola lalu terlepas kemudian Mirallas dan Arteta berebut menguasai, tapi Arteta yang ingin menghalau bola malah memasukkannya ke gawang sendiri. Kedudukan berubah 3-0 untuk Everton.

Setelah gol ini, Arsene Wenger mengubah formasi pemainnya dengan menarik Mathieu Flamini untuk digantikan Aaron Ramsey dan menukar Lukas Podolski dengan Alex Oxlade-Chamberlain.

Namun pergantian ini tak berbuah apa-apa.  Arsenal sudah tak tertolong lagi.

Ambisi The Gunners untuk berada di Empat Besar pun terancam karena kini hanya satu poin di atas Everton yang memiliki satu pertandingan lebih banyak.

Susunan pemain:
Everton
: Tim Howard, Leighton Baines, Sylvain Distin, Seamus Coleman, John Stones, Kevin Mirallas, Steven Naismith (Alden McGeady), James McCarthy, Gareth Barry, Leon Osman (Ross Barkley), Romelu Lukaku (Gerard Deulofeu)

Arsenal: Wojciech Szczesny, Bacary Sagna, Per Mertesacker, Thomas Vermaelen, Nacho Monreal, Tomas Rosicky, Mikel Arteta, Lukas Podolski (Alex Oxlade-Chamberlain), Santi Cazorla, Mathieu Flamini (Aaron Ramsey), Olivier Giroud (Yaya Sanogo)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014