Rancangan Teknokratik RPJMN ini nantinya akan disempurnakan dengan visi dan misi dari Presiden terpilih, sehingga menjadi RPJMN 2015-2019."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan ada tiga kata kunci untuk pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) ke III.

"Dalam Rancangan Teknokratik RPJMN ke III, ada tiga kata kunci dalam pelaksanaannya," kata Lukita dalam diskusi di Gedung Bappenas Jakarta, Selasa.

Tiga kata kunci tersebut dia jabarkan sebagai pembangunan ekonomi yang kompetitif dan berbasis sumber daya alam yang tersedia, didukung dengan sumber daya manusia berkualitas dan memiliki kemampuan iptek yang cakap.

Ketiga hal ini diyakini Lukita mampu menghasilkan produksi yang memiliki nilai ekonomi yang kompetitif dengan produksi dari negara lain.

"Kita jangan hanya berpatok pada sumber daya alam yang melimpah saja. Tapi bagaimana mampu memanfaatkannya menjadi barang produksi yang kompetitif," ujar dia.

Lebih lanjut Lukita memaparkan bahwa Rancangan Teknokratik RPJMN ke III atau periode 2015-2019 ini disusun berdasarkan evaluasi pelaksanaan RPJMN 2010-2014, studi latar belakang, serta aspirasi masyarakat.

"Rancangan Teknokratik RPJMN ini nantinya akan disempurnakan dengan visi dan misi dari Presiden terpilih, sehingga menjadi RPJMN 2015-2019," pungkas Lukita. (M048)

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014