Kami yakin dengan target tersebut meskipun tahun ini kami diterjang badai
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta menegaskan partainya menargetkan memimpin koalisi dengan masuk sebagai tiga besar partai yang memperoleh suara terbanyak di Pemilu Legislatif 2014.

"Pilihan kami kalau tidak memimpin koalisi ya memimpin oposisi. Namun target kami masuk tiga besar sehingga Insya Allah kami bisa memimpin koalisi," kata Anis Matta sebelum mencoblos di Tempat Pemungutan Suara 041 Kelurahan Utan Kayu Utara Kecamatan Matraman Provinsi DKI Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan koalisi merupakan keniscayaan bagi partainya, namun posisi PKS di dalamnya akan terlihat setelah hasil Pileg keluar.

Menurut dia, PKS sudah menjalin komunikasi dengan seluruh partai politik namun seluruh kader diminta untuk fokus terlebih dahulu dalam memenangkan Pileg 2014.

"Kami yakin dengan target tersebut meski pun tahun ini kami diterjang badai bahkan kami menang dalam beberapa pemilihan kepala daerah," ujarnya.

Anis mengatakan saat ini PKS memiliki empat gubernur yang menang dalam pilkada yaitu Sumatera Barat, Sumatera Utara, Maluku Utara, dan Jawa Barat.

Menurut dia, kondisi itu belum tentu berhubungan langsung dengan pemenangan legislatif namun hal itu menandakan proses konsolidasi berjalan baik.

"Secara umum hal itu (menang dalam pilkada) menandakan proses konsolidasi internal PKS berjalan baik dan pertanda mesin partai bekerja efektif," katanya.

Selain itu Anis mengakui Jawa Barat merupakan salah satu lumbung suara PKS dalam Pemilu 2014.

Dia mengatakan keyakinan partainya mencapai target setelah dirinya mengecek semua kesiapan Pemilu 2014.

"Kami juga membuat hitung cepat, memantau proses tabulasi suara dari tiap saksi kami di seluruh TPS," katanya.


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014