Langkat, Sumut (ANTARA News) - Sebanyak 225 pengungsi erupsi gunung Sinabung yang berada di posko penampungan desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), melakukan pencoblosan pemilu legislatif di Tanah Karo.

"Ada 225 pengungsi yang mempergunakan hak pilihnya mencoblos ke Tanah Karo daerah asal pengungsi," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat Irwan Syahri di Stabat, Rabu.

Kepergian para pengungsi tersebut untuk mempergunakan hak pilihnya juga ditemani 75 orang keluarga mereka, katanya.

Para pengungsi yang mempergunakan hak pilihnya ini, berangkat dari desa Telagah Kecamatan Sei Bingei, sekitar pukul 06.00 Wib, diangkut dengan mempergunakan tujuh bus angkutan umum.

"Tujuh bus angkutan umum disediakan KPU Tanah Karo, untuk mengangkut para pengungsi agar dapat mempergunakan hak pilihnya disana," ujar Irwan Syahri.

Mereka berangkat dari Kabupaten Langkat, melewati Medan, langsung menuju Tanah Karo.

Sedangkan kembalinya direncanakan hari ini juga (sore) namun mengenai waktunya belum diketahui, yang pasti usai mempergunakan hak pilihnya mereka langsung kembali ke posko pengungsian ini.

Pihak posko jua sedang menunggu kedatangan para pengungsi yang berangkat ke Tanah Karo, dan pengungsi yang berangkat sudah melalui pendataan yang dilakukan posko.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014