Washington (ANTARA News) - Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel, dalam penerbangan pulang dari kunjungannya ke Asia-Pasifik, mengadakan pembicaraan telepon dengan Penjabat Menteri Pertahanan Ukraina Mykhaylo Koval untuk menegaskan kembali dukungan Amerika buat Ukraina.

Menurut Asisten Sekretaris Pers Pentagon Carl Woog, Hagel berbicara melalui telepon dengan Koval dalam penerbangan pulangnya dari Beijing menuju Washington. Itu adalah percakapan pertama mereka sejak pejabat Ukraina tersebut memangku jabatan pada Maret.

Hagel memberitahu Koval bahwa Amerika Serikat akan terus mendukung Ukraina, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. Kedua pejabat itu berjanji selanjutnya akan mengadakan kontak erat, kata Woog di dalam satu pernyataan.

Hagel memuji Koval karena kepemimpinnya atas Angkatan Bersenjata selama masa kritis bagi Ukraina dan mengucapkan terima kasih kepadanya karena bersedia mengadakan konsultasi bilateral belum lama ini di Kiev, Ibu Kota Ukraina, kata Woog.

Kedua pejabat senior pertahanan itu juga membahas situasi di Krimea, serta kegiatan militer Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina.

(C003)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014