Bandung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menuturkan tingkat partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang Pemilu 2014 di 21 kabupaten/kota mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pemungutan 9 April 2014.

"Secara umum pelaksanaan pemilu ulang berjalan lancar, aman, kondusif, dan sesuai harapan," kata anggota Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Endun Abdul, di Kota Bandung, Selasa.

Ia menuturkan, penurunan jumlah partisipasi pemilih pemilu ulang jika dibandingkan pelaksanaan Pemilu pada 9 April mencapai 30 persen.

"Kalau untuk pencoblosan tanggal 9 April itu, rata-rata angka partisipasinya di atas 70 persen," kata dia.

Menurut dia, pelaksanaan pemungutan suara ulang yang digelar di Jawa Barat awalnya hanya 324 TPS namun bertambah menjadi 327 TPS.

"Jadi untuk pemilu ulang kemarin itu ada kabupaten/kota yang bertambah jumlah TPS-nya dan ada juga yang berkurang," katanya.

Selain itu, lanjut dia, untuk pelaksanaan pemilu ulang juga tidak serentak atau bersamaan.

"Seperti untuk Kabupaten Garut menggelar pemilu ulangnya pada 12 April, dan Kabupaten Cianjur pada hari ini. Sisanya digelar pada 13 April," ujar Endun.

Pihaknya menambahkan setelah pelaksanaan pemilu dan pemilu ulang maka saat ini rekapitulasi sedang dilakukan di tingkat PPK sejak tanggal 13 April hingga 17 April 2014 mendatang.

"Untuk di tingkat kabupaten/kota rekapitulasinya itu akan dilakukan dari 19 sampai 21 April dan untuk di tingkat provinsi akan dilakukan pada 22 sampai 24 April 2014," kata dia. (ASJ/I006)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014