Paris (ANTARA News) - Jerman mencapai final Piala Federasi yang pertama sejak 1992 untuk menghadapi Republik Ceko yang berada di final ketiganya dalam empat tahun terakhir.

Jerman menyempurnakan kemenangan 3-1 atas Australia di Brisbane, sedangkan Ceko yang adalah juara turnamen ini pada 2011 dan 2012, mengalahkan juara bertahan Italia 4-0 di Ostrava.

Republik Ceko akan menjadi tuan rumah partai final tenis putri internasional ini pada 9-8 November.

Angelique Kerber membawa Jerman ke final pertamanya sejak 22 tahun saat Steffi Graf menyingkirkan Spanyol, setelah menaklukan Samantha Stosur 4-6, 6-0, 6-4 dalam dua jam 14 menit sehingga Jerman unggul 3-0.

Satu-satunya kemenangan Australia dicatat pasangan Casey Dellacqua dan Ashleigh Barty yang menang 6-2, 6-7 (5/7), 10-2 dari ganda putri Julia Goerges - Anna-Lena Groenefeld.

"Ini adalah momen yang sangat spesial bagi saya dan seluruh tim," kata Kerber seperti dikutip AFP.

Di Ostrava, petenis nomor enam dunia dan mantan juara Wimbledon Petra Kvitova menghempaskan petenis peringkat 20 Roberta Vinci 6-3, 7-5 dalam waktu satu setengah jam untuk membawa Ceko memimpin 3-0.

Pasangan Klara Koukalova dan Andrea Hlavackova kemudian menggenapkan kemenangan Ceko menjadi 4-0 setelah mengalahkan ganda putri Camila Giorgi - Karin Knapp 6-2, 5-7, 11-9.

"Saya senang kami berhasil, dan merupakan kebahagiaan bagi seluruh negeri untuk kembali menjadi tuan rumah final," kata Kvitova.

Pada Grup Dunia di mana pemenangnya akan bermain di tingkat elite pada 2015, Rusia yang bermain tanpa Maria Sharapova, mengalahkan Argentina 4-0 di kota Olimpiade Musim Dingin, Sochi.

Di Barcelona, petenis nomor tiga dunia Agnieszka Radwanska membawa Polandia mengatasi Spanyol 3-2, sedangkan Kanada menuju Grup Dunia untuk pertama kalinya setelah menang 3-1 dari Slowakia di Quebec City.

Di St Louis, Prancis menumbangkan 17 kali juara turnamen ini Amerika Serikat dengan skor 3-2 setelah ganda Caroline Garcia dan Virginie Razzano menang 6-2, 7-5 dari pasangan Sloane Stephens - Madison Keys, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014